Pentingnya Antivirus di Komputer Anda


DEF-01Anda pengguna Windows? Atau pengguna sistem operasi lain? Sudahkah Anda mengamankan komputer Anda dari serangan virus?

Software keamanan atau antivirus adalah sotware yang berguna untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus dari laptop atau komputer. Antivirus akan mendeteksi apakah sistem pada laptop atau komputer telah terinfeksi virus atau tidak. Mempunyai laptop, tapi tidak mempunyai aplikasi antivirus didalamnya, itu sangat bersiko bagi pengguna, apalagi pengguna sering berselancar di dunia internet.

Mempunyai antivirus pada setiap komputer atau laptop itu sebuah keharusan di zaman sekarang, antivirus mempunyai peranan penting untuk melindungi sistem operasi dari ancaman virus berbahaya yang sewaktu-waktu dapat menyerang, tanpa kita sadari akan kehadirannya.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, antivirus sekarang ini tidak hanya mendeteksi virus saja, antivirus juga mampu mendeteksi rootkits, spyware, dan malware-malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang ini juga dilengkapi dengan firewall dan anti spam untuk melindungi laptop dari hacker dan mencegah masuknya email sampah.

Banyak macam antivirus yang dapat diunduh di internet, contohnya Microsoft Security Essential, Windows Defender, Avira, Avast, AVG, Norton, Kaspersky, McAfee dan lain-lain. Antivirus ini hanya sebagian kecil saja yang sangat dikenal dan populer dikalangan pengguna komputer terutama yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Bagi Anda yang menggunakan Windows sebenaranya sudah tersedia antivirus gratis yaitu MSE (Microsoft Security Essential). Atau bagi pengguna Windows 8, 8.1 juga bisa menggunakan Windows Defender. Anti malware ini sangat canggih dan merupakan bawaan dari sistem operasi Windows. Jadi kenapa repot Anda harus mencari yang lain kalau memang sudah tersedia? Untuk itu gunakan antivirus asli yang wajib di update setiap saat.

Namun demikian, jika Anda ingin menggunakan antivirus yang disebutkan diatas, bisa mencobanya dengan memanfaatkan antivirus yang versi trialnya dahulu. Jika sudah merasa pas dan sesuai, baru menggunakan versi rilisnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s