Windows Firewall di Windows 8.1


FIRE-1Windows firewall dengan keamanan tambahan menjawab tantangan teknologi jaringan modern yang ada seperti IPSec and Network Access Protection. Windows firewall dengan keamanan tambahan, menawarkan banyak keuntungan, antara lain mengurangi resiko ancaman keamanan jaringan. Windows firewall dengan keamanan tambahan melindungi komputer dari serangan. Hal ini juga memastikan komputer lainnya dapat terlindungi. Kemudian perlindungan data dan hak cipta juga menjadi perhatiannya. Dengan integrasi IPSec, windows firewall akan mengecek keaslian dari pengguna, komunikasi, cakupan, akses bertingkat dan perlindungan data yang rahasia.

Meningkatkan nilai tambah dan investasi. Microsoft Windows 8.1 telah menyertakan Windows firewall dalam system operasinya seperti windows longhorn server dengan Active directory dan group policy. Windows firewall juga didisain dalam mendukung pihak ketiga dalam solusi keamanan dengan menggunakan scriptable application programming interface (API).

Lapisan keamanan ini dapat dikontrol melalui group policy atau programming skrip untuk menyaring pemakai, komputer atau aplikasi yang ada. IPSec dapat mengetahui keaslian pemakai, komputer sebagai bagian dari kebijakan pengamanan. Semua ini menjadikan Windows 8 sangat cocok diimplementasikan dalam organisasi.

Aturan pada Firewall

The Windows Firewall with Advanced Security merupakan contoh dari aplikasi keamanan jaringan. Administrator dapat mengkonfigurasi keamanan yang berbeda-beda dalam kategori jaringan yang ada. Sebagai contoh firewall dapat mengijinkan pengaksesan suatu komputer jika terhubung dalam domain, namun menutup akses yang serupa jika terhubung dengan jaringan umum atau pribadi.

Fleksibilitas ini tentunya tidak mengurangi keamanan yang diinginkan. Pendeteksiannya meliputi, program, service, ports, IP Addres, tipe interface, pemakai, group, komputer dan berbagai tingkatan keamanan yang ada. Jaringan publik membutuhkan keamanan yang lebih ketat, namun dilain sisi jaringan pribadi bisa lebih longgar. Seperti kebijakan untuk berbagi data, printer, hubungan satu-satu dan koneksi yang stabil.

FIRE-01

Gambar 1. Windows Firewall with Advanced Security Windows 8.1

Menggunakan Windows Firewall

Windows firewall sangat penting untuk digunakan, karena dengan fasilitas ini keamanan komputer Anda apabila sudah terkoneksi ke dalam suatu jaringan akan terlindungi dari berbagai gangguan. Sebagai contoh, apabila Anda akan menginstalasi sistem operasi, maka Windows Firewall akan memberikan komentar, apakah ini akan dilanjutkan atau tidak. Jika Anda menekan tombol Continues berarti pekerjaan Anda akan dilanjutkan, dan sebaliknya apabila menekan tombol Cencel berarti pekerjaan apapun akan dibatalkan.

Ketika Anda membuka Windows Firewall akan tampil beberapa pilihan komponen yang bisa Anda gunakan. Dalam tab General terdapat beberapa pilihan yang bisa digunakan, misalnya pilihan yang direkomendasikan adalah On, kemudian pilihan lain adalah Block all incoming connections.

Dengan pilihan ini semua koneksi ke komputer Anda akan diblock secara otmatis apabila memilih komponen ini. Sedangkan pilihan lainnya adalah Off. Pilihan ini dalam Firewall tidak direkomendasikan karena akan memberikan peluang untuk memudahakan berbagai proses yang akan dilaksanakan oleh yang tidak berhak.

Pada kesempatan ini akan diberikan contoh penggunakan Windows Firewall yang berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari, seperti File and Printer Sharing, Remote Desktop, Windows Media Player, Windows Media Player Sharing, dan sebagainya. Sebagai gambaran untuk melakukan setting Windows Firewall adalah sebagai berikut:

Dari Control Panel, klik Security and System. Lalu Anda klik Windows Firewall. Setelah melakukan beberapa langkah tersebut kotak dialog Windows Firewall segera tampil seperti gambar 2.

FIRE-02

Gambar 2. Kotak dialog Windows Firewall Advanced Settings

Klik Advanced Seetings. Setelah itu Anda bisa memberi tanda centang atau di klik di depan pilihan yang diperlukan. Setelah Anda melakukan konfigurasi dan denting di Firewall tersebut Anda klik File dan klik Exit untuk keluar dari tampilan tersebut. Sampai di sini Anda sudah bisa menggunakan fitur Windows Firewall sengan baik. Untuk menggunakan fitur lainnya berikut akan dijalaskan penggunakan fitur Allow program to communicate through windows firewall. Allow program to communicate through Windows Firewall

Sekarang Anda akan menggunakan fitur Allow program to communicate through Windows Firewall. Fitur ini sangat bermanfaat untuk memprotek aplikasi tertentu, misalnya boleh atau tidak boleh digunakan secara bersama atau tidak. Sebagai gambaran langkah yang harus Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Dari klik Control Panel, klik System and Security, lalu Anda klik Windows Firewall dan klik Allow a program or future through Windows Firewall, setelah itu segera tampil kotak dialog seperti gambar 3 berikut ini.

FIRE-03

Gambar 3. Kotak dialog Windows Firewall Settings tab Exceptions

Klik Change settings, kemudian beri tanda centang dengan cara mengklik di depan pilihan yang akan digunakan, mialnya File and Printer Sharing. Selanjutnya Anda klik tombol OK untuk menutup semua jendela yang telah dibuka dan kembali ke posisi semula.

Dengan mengikuti cara yang telah dijelaskan di atas Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan seting pada Windows Firewall. Fasilitas Windows Firewall ini akan sangat terasa manfaatnya ketika komputer yang digunakan sudah terkoneksi ke jaringan internet atau jaringan LAN.

Advertisements

2 thoughts on “Windows Firewall di Windows 8.1

  1. Very informative article, i am regular reader of your blog.
    I noticed that your site is outranked by many other websites in google’s search results.

    You deserve to be in top ten. I know what can help you, search in google
    for:
    Omond’s tips outsource the work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s