Mengkonfigurasi Hyper-V di Windows 8.1 (2)


Pendahuluan

Setelah proses pembuatan mesin baru selesai dan kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya, angah selanjutnya adalah mencoba menjalankan mesin baru tersebut. Namun, perlu juga diperatikan sebelum Anda menjalankan mesin baru tersebut Anda harus membuat koneksi jaringannya terlebih dahulu, agar mesin virtual tersebut bisa berhubungan dengan jaringan yang ada termasuk dengan mesin utamanya atau yang menjadi hostnya.

Mendefinisikan Network Adapter

Apabila koneksi mesin virtual Anda ketika dikoneksikan ke jaringan atau ke internet masih terlihat Not Connected, berarti belum ada koneksi dan belum didefinisikan dalam mesin virtual tersebut. Untuk itu, Anda harus mendefinisikan terlebih dahulu agar mesin virtual ini bisa berkomunikasi dengan komputer lain termasuk dengan server lain yang ada dalam jaringan. Bagaimana agar terjadi komunikasi? Anda harus membuat koneksinya terlebih dahulu.

Dalam hal ini Anda tidak perlu repot-repot, karena dengan Windows 8.1 pekerjaan Anda akan jauh lebih mudah. Di sini Anda cukup melakukan beberapa setup saja di atas mesin Virtual yang sudah kita buat sebelumnya.

Pastikan Anda sudah menjalankan Hyper-V Manager. Kemudian klik kanan tepat di atas nama komputer Anda. Nama komputer ini berada d bawah nama Hyper-V Manager. Lalu klik Virtual Switch Manager.

HYPER-V2-01

Setelah kotak dialog Virtual Switch Manager tampil, Anda pilih misalnya Enternal dan klik tombol Create Virtual Switch.

HYPER-V2-02 

Ketikkan nama jaringan Anda di kolom Name. Sebagai contoh nama jaringan yang dibuat adalah Virtual LAN.

 HYPER-V2-03

Klik di depan Enternal Network, lalu pilih dengan menekan tombol dropdown dan pilih salah satu dari kartu jaringan yang ada, mialnya Qualcom Altheros AR5893 Wireless Network Adapter.

HYPER-V2-04

Klik OK dan klik Yes. Setelah nama koneksi jaringan tersebut kita buat dan sudah tersedia di komputer Anda, maka untuk selanjutnya kita harus memasukkan ke dalam mesin virtual yang sudah kita buat tersebut. Caranya sebagai berikut.

Klik kanan tepat diatas nama mesin Virtual Anda, misalnya Windows Server 2012 R2.

HYPER-V2-05

Kemudian klik Settings, kotak dialog Settings segera tampil.

 HYPER-V2-06

Selanjutnya Anda klik Network Adapter. Kemudian klik tombol Dropdown Virtual Switch. Pilih nama koneksi jaringan yang sudah Anda buat, dalam contoh ini namanya adalah Virtual LAN.

HYPER-V2-07

Klik OK untuk mengakhiri pekerjaan ini. Selanjutnya Anda tinggal menjalankan mesin tersebut dan menginstalasi sistem operasi yang akan digunakan. Dalam contoh ini saya menggunakan Windows Server 2012R2 sebagai bahan latihan.

Menjalankan Mesin Virtual

Sekarang kita akan mencoba menjalankan mesin virtual yang kita buat di atas Hyper-V Windows 8.1. Caranya sama seperti halnya Anda menjalankan aplikasi pada umumnya.

Jalankan Hyper-V Manager. Setelah itu nama mesin Anda akan tampil seperti berikut ini.

 HYPER-V2-08

Klik dua kali nama mesin tersebut sehingga akan tampil mesin virtual Anda seperti gambar berikut.

HYPER-V2-09

Klik Action dan klik Start untuk menjalankan mesin tersebut. Jika tidak terjadi kesalahan, maka akan tampil seperti gambar berikut.

HYPER-V2-10

Sampai di sini proses setup dan menjalankan Hyper-V di Windows 8.1 sudah selesai dilaksanakan. Untuk selanjutnya Anda tinggal setup sistem operasi yang akan digunakan di atas mesin vurtual tersebut. Dalam contoh ini saya menggunakan Windows Server 2012R2

Mudah-mudahan tulisan sederhana ini ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s