Ada apa dengan Windows Server 2003


WIN2003SRVTanggal 14 Juli 2015 apa yang akan terjadi? Apakah Anda masih menggunakan Windows Server 2003? Tampaknya mulai saat harus mulai siap-siap migrasi ke sistem operasi yang lebih canggih lagi, misalnya Windows Server 2012 atau Windows Server 2012R2 atau bisa juga beralih ke Cloud Computing. Kenapa lebih baik migrasi ke Cloud Computing? Karena mungkin ini adalah yang paling baik dan mudah dilakukan, terutama bagi SMB yang tidak memiliki banyak dana untuk membeli hardware yang canggih. Di Cloud Anda tinggal memilih sistem operasi mana yang paling sesuai dan paling Anda sukai. Perlu diketahui bawa untuk migrasi sistem operasi itu tidak mudah, perlu waktu, perlu dukungan, perlu biaya yang tidak sedikit.

Memang saat ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, jutaan bahkan puluhan juta server masih menggunakan Windows Server 2003. Sebenarnya Windows Server 2003 merupakan pengembangan dari Windows 2000 Server, dan ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi modern yang memanfaatkan kecanggihan active directory.

Perkembangan sistem operasi memang cukup cepat, termasuk sistem operasi server. Contohnya Windows Server 2003 ini, dalam waktu dekat tidak akan disupport lagi. Kapan waktunya? Menurut informasi Windows Server 2003 tidak akan disupport lagi mulai tanggal 14 Juli 2015 yang akan datang. Jadi, untuk migrasi masih ada waktu, jika tetap menunggu Anda akan kesulitan.

Sebagai IT Pro, saya menyarankan segera melakukan migrasi, karena data jauh lebih penting dan mahal. Jika data Anda yang tersimpan dalam Windows Server 2003 sangat besar, maka proses migrasi memerlukan banyak waktu juga. Bergegaslah selagi masih ada waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s