Keuntungan dan manfaat Hyper-V


HYPER-V2-01Seperti telah ditulis dalam log ini beberapa kali, bahwa dengan memanfaatkan Hyper-V atau Virtualization dari Windows Server 2008, 2008R2, 2012, atau 2012R2, Anda bisa membuat banyak mesin dengan mudah dan cepat. Kemudian di mesin tersebut Anda bisa setup sistem lainyang sesuai dengan keinginan Anda. Dan tentu saja sistem yang dipasang diatas mesin virtual akan sangat berrguna ketika sistem utamanya rusak, Anda tinggal memasang mesin virtual tersebut di atas Hyper-V lain yang sudah ada yang akan dibangun. Intinya data dan sistem yang sudah dipasag diatas Hyper-V tidak akan hilang alias selamat.

Sebagai gambaran jika Anda akan memanfaatkan kecanggihan Windows Server 2012R2 khususnya yang berhubungan dengan virtualisasi.

  • Membuat dan memanage child partisi untuk sistem operasi (32-bit (x86) dan 64-bit (x64)
  • Mebuat VM yang dapat menggunakan SMP untuk mengakses 2, 4, atau 8 cores
  • Membuat VM yang menggunakan lebih dari 1TB physical memory. Windows server virtualization dapat melakukan ini karena dibangun diatas 64 bit. Tepatnya 64bit HV, 64 bit virtualization stack dan lain – lain.
  • Support direct pass-through disk access untuk VM untuk menyediakan berbagai macam read/write performance. Storage terkadang menjadi bottleneck untuk sebuah mesin, dan dengan virtual disk ini akan dapat membuat bottleneck di Windows Server virtualization tidak ada.
  • Supports hot-add access ke berbagai form storage, maksudnya anda dapat membuat virtual storage load dan memanagenya dynamically.
  • Supports dynamic addition dari virtual NIC dan mengambil keuntungan dari underlying virtual
  • Inclide tools untuk migrating virtual server workload ke windows server virtualization. Maksudnya system anda sekarang di virtual server tidak akan gagal.

Support NAT dan quarantine networks untuk VM, role based security, Group Policy, utilization counters, non-Micrososft guests, virtual machine snapshot menggunakan volume shadows copy services (VSS), control resources dengan menggunakan windows system resource manager (WSRM), clustering dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s