Jaringan Ad-Hoc di Windows 8.1


ad-02Istilah Ad-hoc merupakan sebuah istilah dari bahasa Latin yang banyak digunakan dalam bidang penelitian, hukum, organisasi, dan sebagainya. Ad-hoc memiliki mengandung penfertian dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja atau sesuatu yang diimprovisasi. Dalam jaringan komputer istilah Ad-hoc juga sering digunakan khususnya yang berhubungan dengan jaringan komputer berbasis wireless (WiFi). Dalam jaringan komputer Ad-hoc diartikan sebagai jaringan komputer yang sifatnya sampai terjadi situasi yang normal, atau dengan kata lain Ad-hoc itu tidak permanen.

Jadi jaringan komputer Ad-hoc adalah desentraliasi dari jaringan komputer berbasis wireless, karena jaringan tersebut secara umum tidak bergantung pada infrastruktur jaringan yang sudah ada, seperti router dalam jaringan kabel ataupun Access Point pada jaringan nirkabel. Dalam jaringan Ad-hoc, setiap titik atau node bertugas merouting data kepada node lain, jadi dalam hal ini penentuan node mana yang akan mengirimkan data dibuat secara dinamis berdasarkan koneksi dari jaringan itu sendiri.

Jaringan Ad-Hoc

Saat ini dikenal dua tipe jaringan wireless atau WiFi yaitu Ad hoc dan infrastructure. Dalam jaringan Ad hoc, setiap komputer dengan suatu adapter jaringan nirkabel berkomunikasi secara langsung dengan setiap komputer lain dengan adapter nirkabel. Supaya sistem ini bisa berjalan dengan baik dan tidak ada masalah, maka masing-masing komputer harus berada di dalam satu lokasi yang sama. Dengan kata lain, jaringan nirkabel sangat disarankan ditempatkan dalam satu ruangan atau lokasi tertentu.

Apabila Anda akan menginstalasi jaringan WiFi Ad hoc sebenarnya cukup praktis. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa dengan sistem ini Anda dapat menyambung atau menghubungkan komputer dalam suatu jaringan dengan jangkauan 100 kaki. Di samping itu Ad hoc sangat bermanfaat dan praktis apabila jaringan ini digunakan sewaktu-waktu, misalnya dalam suatu seminar, diskusi, rapat dan sebagainya.

Jarang untuk jaringan WiFi berbeda-beda tergantung jenis dan pabrik pembuatan adapter yang digunakan. Selain itu masalah jangkauan ini juga tergantung jumlah titik akses dan kecepatan yang diperlukan untuk mengakses suatu jaringan berbasis WiFI.

Apabila Anda akan menghubungkan lebih dari dua komputer yang jaraknya lebih dari 100 kaki, maka yang perlu diperhatikan adalah proses setting atau setup jaringan infrastruktur WiFi. Sebenarnya tipe jaringan ini didasarkan pada suatu titik akses yang menggunakan adapter nirkabel ataupun bisa juga dicantelkan ke jaringan Ethernet. Titik akses dengan tipe ini membolehkan jarak yang lebih jauh dibanding jaringan Ad hoc, karena masing-masing komputer dengan adapter nirkabel perlu berada di dalam jangkauan titik akses saja dan bukan dilingkungan yang lebih luas.

Anda mungkin pernah mendengar standar jaringan sebelumnya? Yaitu HomeRF (Radio Frequency). Tipe ini kalah bersaing dengan WiFi. HomeRF merupakan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan WiFi, bahkan saat ini menawarkan kecepatan 1 Mbps. Selain itu ada standar yaitu Bluetooth. Standar ini didesain untuk membuat PAN (Personal Area Network) yang mengizinkan device berkomunikasi satu sama lain tanpa kabel. Misalnya, komputer notebook, personal digital assistant, dan telepon selular mendukung Bluetooth, maka masing-masing device dapat berkomunikasi dengan device lainnya hanya dengan berada di dalam proximity yang dekat.

Jadi dengan demikian tiga standar tersebut mirip dalam desain teknisnya tetapi tidak kompatibel satu sama lain. Bagi standar yang didesain untuk jaringan di rumah atau di kantor kecil, WiFi menawarkan kecepatan koneksi yangh lebih baik. HomeRF (Radio Frequency) lebih kuat tetapi lambat dibanding WiFi. Bluetooth dirancang hanya untuk PAN (Personal Area Network).

Beberapa tipe koneksi nirkabel lainnya memakai infra merah sebagai pengganti gelombang radio. Pemakaian infra merah praktis agak terbatas karena kecepatannya sedikit lebih lambat dan komputer-komputer harus berada di dalam satu lingkungan yang harus berdekatan dan kelihatan satu sama lain agar bisa berkomunikasi.

Microsoft Windows 8.1 menyediakan piranti-piranti baru yang cukup akurat dan canggih yang membuat jaringan dengan WiFi menjadi lebih mudah. Konfigurasi jaringan nirkabelnya yang otomatis mendukung jaringan WiFi dan menghilangkan perkiraan proses konfigurasi jaringan nirkabel. Setelah Anda mengaktifkan konfigurasi jaringan nirkabelnya yang otomatis, Microsoft Windows 8.1 mendeteksi jaringan nirkabel yang tersedia.

  1. Cara Kerja Ad-Hoc

Pada jaringan Workgroup atau Homegroup, untuk membentuk jaringan kita harus mensetup atau mengkonfigurasi dan memberinama groupnya. Pada jaringan nirkabel atau WiFI dikenal konsep yang hampir sama dengan nama workgroup, hanya dengan istilah yang berbeda, yaitu SSID ( Service Set Identifier ) . Jika pada ad-03jaringan kabel kita bisa terhubung dengan Workgroup dan komputer lainnya dalam Workgroup dengan nama Workgroup yang berbeda, sedangkan pada jaringan wireless, sebuah jaringan WiFI (wireless) tidak dapat terhubung dengan lebih dari satu SSID, dengan kata lain, sebuah komputer hanya dapat terhubung dengan sebuah jaringan atau 1 SSID saja.

Sebagai contoh, dalam tulisan ini saya akan menghububgan 2 buah komputer yang ada di kantor saya. Komputer pertama saya berinama BIOTEK dan komputer kedua saya berinama DOKINFO. Komputer pertama yang dihidupkan pada jaringan Ad-Hoc akan mengirimkan paket yang dinama DOKINFO dengan BIOTEK, paket ini berisi informasi SSID dan lainnya, kemudian informasi yang terdapat didalam BIOTEK ini diperlukan oleh komputer lain agar bisa bergabung kedalam suatu jaringan WiFI (wireless).

Ketika komputer yang kedua dihidupkan, komputer ini tidak akan mengetahui bahwa dia merupakan komputer kedua, komputer tersebut akan mencari paket DOKINFO sesuai dengan SSID yang dimilikinya, jika ditemukan maka komputer tersebut akan bergabung dengan komputer pertama, namun jika tidak ditemukan maka komputer tersebut akan bertanggung jawab mengirim paket DOKINFO komputer lainnya dalam WiFI tersebut.

Bagi para gamer, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, karena ketika para gamer ingin bermain game yang membutuhkan jaringan pada saat bermain dengan mode multiplayer. Untuk membangun jaringan lokal secara mudah dan cepat cukup dan banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membangun jaringan Ad-Hoc. Fitur Ad-hoc yang disediakan Microsoft Windows 8.1 jauh lebih canggih dan modern, hanya bagi pengguna baru mungkin sedikit kesulitan untuk mencari fitur Ad-Hoc tersebut.

ad-04Sebagai gambaran, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengkonfigurasi dan mencari fitur Ad-Hoc pada Microsoft Windows 8.1. Untuk mempercepat proses Anda bisa langsung menekan kombinasi tombol windows + Q, kemudian cmd, tekan enter. Setelah itu Command promt tampil, lalu Anda bisa langsung mengetikkannya dari prompt C. Ini sebagai contoh saya, ketikkan dari prompt C:\>netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=jontor key=jontowor001, lalu tekan tombol Enter. Perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=jontor key=jontower001 adalah perintah diberikan untuk membuat jaringan Ad-hoc dengan nama/SSID jintor dan passowrdnya adalah jontower001. Sedangkan peritah yang digunakan untuk menonatifkan jaringan Ad-hoc, perintah yang digunakan adalah netsh wlan stop hostednetwork.

Sebenarnya untuk membuat koneksi Ad-Hoc tidak sulit, karena ketika komputer Windows 8.1 di jalankan, dan di daerah atau area tersebut sudah ada koneksi WiFI, maka secara otomatis akan terdeteksi koneksi tersebut. Setelah itu Anda tinggak melakukan koneksi saja.

Kesimpulan

Jaringan Ad-hoc sangat berguna terutama bagi Anda yang mobil. Karena dengan jaringan Ad-Hoc ini Anda bisa melakukan koneksi ke komputer manapun dalam suatu jaringan Ad-Hoc. Karena sifatnya Ad-Hoc, maka secara otomati apabila kita meninggalkan area atau lokasi tersebut, jaringan ini sudah tidak bisa digunakan lagi, karean sifatnya yang Ad-Hoc tersebut. Bahkan dengan semakin canggihnya Windows yang digunakan, maka masalah jaringan ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, semua tinggal klik dan jaringanpun sudah terkoneksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s