Merubah Drive dan Membersihkan DVD ROM di Windows 8.1


Umumnya kerusakan device satu adalah tidak bisa membaca, banyak penyebab kenapa disk tidak bisa dibaca. Salah satunya mungkin disk yang mau dipakai kotor, untuk yang satu ini cukup dengan membersihkan disk dengan cairan pembersih disk dan dengan bahan halus.

Ada trik dalam membersihkan disk, jangan membersihkan pinggiran disk, karena dapat mempengaruhi perputaran saat disk di baca. Selain itu jangan membersihkan disk dengan cara mengikuti lingkaran disk, bersihkan dari tengah ke arah sisi/pinggir, karena saat membersihkan mungkin akan terjadi goresan halus pada disk, dimana goresan yang bentukya mengikuti lingkaran disk biasanya membuat optic CD/DVD melompat saat membaca, berbeda dengan goresan yang bentuknya dari dalam ketengah, goresan ini tidak menyebabkan optic pembaca CD/DVD melompat saat membaca bagian disk yang tergores.

Bersihkan CD/DVD ROM dengan pembersih CD tapi jangan terlalu sering, karena hal ini hanya bertujuan membersihkan debu-debu halus yang mungkin menempel pada optic. Jika masih tidak bisa dibaca cobalah dengan memasukan disk lain.
Kasus lain yang sering terjadi adalah ketika selesai mengcopy data, baik itu data kerja, data musik ataupun data film ke CD/DVD, ketika di buka ditempat lain ternyata tidak bisa dibaca, masalah ini biasanya karena ukuran kecepatan antar CD/DVD tidak sama, ada yang 8X, 16X dan seterusnya. Untuk menghindari masalah ini settingan pada kecepatan burning CD/DVD jangan memakai yang maksimum, misalkan CD/DVD mempunyai kecepatan maksimum menulis adalah 16X, turunkan menjadi 8X. Ada merk CD/DVD tertentu yang tidak bisa menulis secara baik pada kecepatan maksimal.
Kasus lainya, Setelah membuat partisi dengan menggunakan partition magic ternyata CD/DVD tidak tampil di My Computer, ini biasanya terjadi karena CD/DVD drive dianggap bentrok dengan drive yang lain sehingga tidak bisa dikenali oleh system.

Caranya klik kanan This PC, pilih Manage

DVD-1

Pilih Disk Management, klik kanan pada DVD drive

DVD-2

Pilih Change Drive Letter and Paths.

DVD-3

Selanjutnya Anda tekan tombol Change, pilih drive yang mau dipakai, misanya O

DVD-4

Kemudian tekan tombol OK, tekan tombol OK sekali lagi. Cek apakah CD/DVD drive sudah muncul sesuai dengan drive yang di pipih tadi.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s