Server Manager di Windows Server 2012R2


SERVER-1Microsoft Windows Server 2012 R2 menyediakan banyak tools yang dapat digunakan untuk mengatur atau memanage kerja sistem operasi ini. Tools tersebut terdiri dari user interface (UI), tools untuk mengkonfigurasi dan memanage server seperti command-line baru untuk menginstall roles dan feature, tools untuk remote administration, Windows Management Instrumentation (WMI) enhancements untuk meningkatkan script management, penambahan Group Policy, dan lain-lain.

Setelah login dan masuk ke lingkungan Windows Server 2012 R2 hal pertama yang tampil adalah jendela atau layarServer Manager atau kalau di Windows Server 2008R2 namanya Initial Configuration Tasks. Dari sini sebenarnya Anda sudah siap untuk mengkonfigurasi sistem operasi server ini.

SERVER-02Setelah Anda melakukan instalasi dan telah menentukan password dan mengingatnya sebagai kunci untuk masuk Windows Server 2012 R2 ada satu hal yang perlu diperhatikan adalah setelah traffic inbound diperbolehkan menuju server, anda bisa menggunkan menu Manage Your Server untuk menginstalasi aplikasi pada server sehingga server tersebut bisa berperan baik Print Server, File Server, Domain Controller (DC) dan lain lain-lain.

Untuk jelasnya mengenai tampilan awal jendela atau layar Server Manager di Windows Server 2012 R2. Seperti Anda lihat, pada tampilan ini masih belum ada komponen yang diubah atau masih dalam keadaan normal (default). Untuk itu dari tampilan ini bisa sedikit demi sedikit mengubah konfigurasi untuk Server anda.

Klik Configure this local server. Digunakan untuk mensetup beberapa komponen penting, seperti tanggal, jam, nama komputer, dan sebagainya. Setelah menekan tombol Configure this local server tampilan Windows Server 2012R2.

Tujuan dari Server Manager ialah untuk menyediakan cara langsung bagaimana menginstall feature-feature dan peran (roles) pada server anda sehingga bisa berfungsi dibawah lingkungan jaringan bisnis anda. Sebagai sebuah tool, Server Manager ditargetkan untuk kalangan pemakai IT umum yang bekerja pada organisasi dengan skala sedang (medium-size). Seorang spesialis IT yang bekerja pada perusahaan besar mungkin bisa menggunakan tool-tool tambahan untuk mengkonfiugrasi server yang baru terinstall Windows Server 2012R2. Namun sebagai contoh, dengan melakukan beberapa initial configuration tasks pada saat Anda mengkonfigurasi yang tidak diawasi menggunakan Windows Deployment Service (WDS) bersama dengan file .xml yang berjalan sendiri.

Server Manager juga memungkinkan anda untuk melakukan modifikasi seting apapun yang anda telah lakukan sebelumnya menggunakn layar Server Manager. Umpamanya akan mengaktifkan Remote Dekstop dengan mengklik link Configure Remote Desktop yang berada pada bagian kanan judul Server Summary. Bahkan, Server Manager membolehkan anda untuk mengkonfigurasi tambahan yang lebih canggih yang tidak terlihat dilayar, seperti mengaktifkan atau me-non-aktifkan Internet Explorer Enhanced Security Configuration (IE ESC) atau menjalankan Security Configuration Wizard (SCW) pada mesin anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s