Menambah Roles .NET Framework di Windows 8.1


Apakah Anda merasa kesulitan ketika menambah feature .NET Framework 3.5 di Windows 8.1? Memang kesulitan ini terutama berkaitan dengan koneksi internet yang kurang bagus, atau kadang ada hal-hal yang menyebabkan penambahan feature tersebut bermasalah. Sebenarnya NET Framework 3.5 sudah ada dan merupakan feature di Windows 8.1 hanya belum diaktifkan saja. Namun, ketika diaktifkan, kadang bermasalah terutama berkaitan dengan koneksi internet.

Sebenarnya, Microsoft sudah menyediakan cara untuk menambah feature tersebut dengan mudah dan filenya sendiri sudah tersedia di Installer Windows 8.1 yang Anda miliki. Apakah memang .NET Framework 3.5 ini masih diperlukan? Kan sudah ada .NET Framework 4.5 yang merupakan salah satu feature yang terpasang ketika Anda menginstalasi Windows 8.1 tersebut? .NET Framework 3.5 masih dierukan seperti ketika Anda menginstalasi Windows Live Writer atau aplikasi laun seperti Microsoft SQL 2012 atau aplikasi lain yang juga kadang memerlukan .NET Framework 3.5 ini.

Sebagai contoh misalnya ketika Anda harus menginstal Windows Live Essential pada komputer Anda yang sudah terinstall Windows 8.1. Tentunya Anda akan merasa kesulitan karena salah satu persyaratan untuk dapat melakukan instalasi lengkap Windows Live Essential tersebut harus memiliki feature bernama.NET Framework 3.5.
Sebenarnya, kalau Anda memiliki koneksi yang bagus mungkin tidak akan kesilitan untuk memasang .NET Framework 3.5 ini, namun kadang-kadang karena koneksi internet yang tidak stabil proses instalasi selalu gagal dan menampilkan pesan error. Gambar di bawah ini proses penambahan feature .NET Framework 3.5, dengan syarat koneksi internet stabil dan baik Anda bisa menggunakan cara ini. Namun jika tidak bisa Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu melalui cara manual.

NET-01

  • MasUk ke Control Panel
  • Klik Programs and Features, selanjutnya klik pilihan Turn Windows feature on or off.
  • Klik pada kotak di depan pilihan .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0), setelah selesai klik OK dan ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program sampai akhirnya komputer minta di Restart.

Cara lain dan merupakan yang paling mudah dan cepat serta tidak beresiko gagal adalah dengan cara manual. Bagaimana langkahnya? Ikuti beberapa langkah yang akan di jelaskan di bawah ini.

  • Buat folder di Drivec, sesuai keinginan Anda dan berinama folder tersebut, misalnya NET35, contoh C : \NET35\SXS). Untuk membuat folder tersebut? Folder ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan file-file yang dibutuhkan untuk menambah feature .NET Framework 3.5
  • Buka folder pada pada master Windows 8.1 (dalam DVD), kemudian Anda cari folder SXS
  • Copy folder SXS yang ada pada master Windows 8.1 Anda ke folder C:/NET35/SXS.
  • Setelah selesai proses pengcopyan lanjutkan dengan membuka Command Prompt, caranya klik kanan disudut kiri layar Wndows 8.1 Anda, kemudian pilih Command Prompt (Admin). Setelah itu jendela Command Prompt segera tampil. Selanjutnya Anda ketikkan perintah berikut ini pada command prompt tersebut
    DISM.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:c:\NET35\SXS /LimitAccess

net351

Setelah mengetikkan perintah tersebut Anda tekan tombol Enter dan biarkan program bekerja sampai dengan selesai sehingga akan tampil seperti gambar berikut ini.

NET-02

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s