Yang Baru di “Windows 10”


Apakah Anda hadir pada Tech Days tanggal 21 dan 22 Oktober 2014 lalu di Balai Kartini, Jakarta? Jika Anda hadir pasti yang boot dan ruangan yang diserbu tentu adalah Windows 10. Saat ini Windows 10 memang baru tahap awal atau istilahnya Technical Preview, jadi untuk tahao ini masih tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan Windows 8.1, bahkan jika Anda masih ingat Windows XP kelihatannya ada sedikit sentuhan Windows XP, hanya tentu saja Windows 10 jauh lebih canggih. Bahkan di Microsoft Windows 10 bisa digunakan untuk semua perangkat dan Anda tidak perlu repot-repot lagi atau dengan bahasa sederhana cukup satu atap saja, Windows 10 untuk semua keperluan komunikasi Anda.

WIN-01 Windows 10 selain mengakomodasi semua perangkat, seperti Laptop, komputer PC, tablet PC dan smartphone, juga memberikan sentuhan baru bagi para penggunanya. Setelah Anda menginsyal Windows 10, Anda bisa dengan mudah mendownload aplikasi dari Windows Store. Sebagaimana Anda mendownload aplikasi di Windows 8, Windows 8.1 atau Windosphone 8 aplikasi bisa didownload di Windows Store. Nanti pun juga demikian pada Windos 10 bisa mendownload aplikasi dari Windows Store dengan mudah dan cepat.

Modern UI

Microsoft sempat membanggakan modern UI (user interface) yang merupakan tampilan Start Screen yang ada di Windows 8 tetapi pengguna masih menyukai tampilan desktop ala Windows 7 atau Windows XP yang sudah kedaluarsa. Dengan melihat kenyataan tersebut, Microsoft di Windows 10 tetap menampilkan Start Screen Modern UI dengan kemampuan yang jauh lebih canggih dan tampilan ini merupakan defaultnya Windows 10.

Sebagai contoh, saat menggunakan Windows 10 di Laptop, tampilannya tentu bergaya desktop mirip Windows 7, namun ketika Anda menginginkan tampilan Start Screen Modern UI, Anda tinggak mengubahnya dengan menekan tombol yang ada.

Menu Start
Apakah Anda masih ingat Windows XP atau Windows 7? Ini merupakan ciri khas sistem operasi Microsoft Windows. Hanya saja beberapa tahun belakangan ini tampilan Start Menu tersebut menghilang dari Windows 8 dan Windows 8.1 bahkan di Windows Server 2012 dan 2012R2 pun juga menghilang. Padahal menurut sebagian pengguna Menu Start tersebut sudah ada sejak Windows versi terdaulu, sepWIN-02erti Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windos 2000, Windows 2003, dan sebagainya dan merupakan fitur standar sistem operasi keluarga Windows tersebut.

Melihat kenyataan tersebut dan pengalaman selama ini, Microsoft tampaknya mulai menghadirkan kembali Start Menu pada Windows 10. Hanya saja ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan Senu Start yang ada pada Windows 7 ataupun Windows XP, terutama di kolom sebelah kanan, untukjelasnya Anda bisa memperhatikan gambar 2 tart Menu Windows 10.

Multiple Desktops

Apakah Anda pernah melihat tampilan Multiple Desktops di sistem operasi keluarga Windows? Tentu belum. Di Windows 10 hadir tampilan yang ckup mengesankan, yaitu Multiple Desktops, seperti gambar WIN-033. Keistimewaan Multiple Desktop ini adalah untuk mengakomodasi pengguna yang sering membuka banyak aplikasi pada saat yang bersamaan. Tujuannya selain untuk memudahkan, juga untuk menghindari penumpilan aplikasi aktif pada layar desktop pengguna. Selain itu tentu untuk memudahkan untuk mengakses aplikasi aktif pada saat yang bersamaan.

Advertisements

One thought on “Yang Baru di “Windows 10”

  1. Pingback: Coba Windows 10 Enterprise Insider Preview, | TUTANG MM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s