Gunakan Windows Profesional atau Enterprise


shortcutApakah Windows yang digunakan saat ini masih Windows Home Edition (Basic atau Premium), atau sudah menggunakan Windows Professional, Ultimate, atau Enterprise? Memang kalau Anda masih menggunakan keluarga Windows 7 mungkin ada yang Professional, ada yang masih menggunakan Home Premium, Home Basic, atau yang Ultimate. Sedangkan bagi mereka yang sudah migrasi ke Windows 8 atau 8.1 mungkin sudah memilih Windows 8 atau 8.1 Professional atau bisa juga memilih Enterprise bagi perusahaan.

Tentukan pilihan

5-1Menentukan pilihan sistem operasi ini memang sangat sulit, terutama bagi mereka yang tidak memiliki atau komputernya tidak join ke domain control atau ADDS (Active Directory Domain Services). Namun tentu saja bagi mereka yang di kantornya sudah menggunakan Windows Server 2008, 2008R2, 2012 atau Windows Server 2012R2 mungkin untuk workstationnya wajib menggunakan Windows 7 Professional atau Ultimate atau kalau sudah migrasi ke Windows 8, atau 8.1 maka pastikan sistem operasi yang digunakan harus menggunakan Windows Professional atau Enterprise. Kenapa demikian? Karena berkaitan dengan server, dan tidak semua Windows yang terpasang di desktop atau laptop Anda bisa join ke domain, sebagai contoh kalau Anda menggunakan Windows 7 Home Basis atau Home Premium, maka dapat dipastikan komputer atau laptop Anda tidak bisa join ke domain.

Kenapa harus join ke domain? Banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika komputer yang digunakan tersambung atau terhubung ke server DC atau ADDS. Dalam server tersebut akan diatur semua kebutuhan client atau user, mulai dari pengaturan keamanan, pengaturan drive, profile, dan seterusnya. Dalam Server banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan jaringan LAN atau WAN. Untuk keamanan ada yang namanya local security policy, group policy, dan lain-lain. Hal lain yang juga sangat penting yaitu pembagian media penyimpanan. Dengan Windows Server kita bisa memanfaatkan DFS (Distribute File System), memanfaatkan file sharing, print server, dan sebagainya.

Coba kalau jaringan di kantor Anda hanya menggunakan Windows Workstation saja, Anda hanya bisa memanfaatkan folder sharing, printer sharing, dan sebagainya. Dari segi keamanan jelas akan sangat berpengaruh dan jauh berbeda.

  • bersambung
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s