ADFS Windows Server 2012R2


9-27ADFS (Active Directory Federation Services) adalah bagian penting lain dari keseluruhan solusi IDA yang disediakan Windows Server 2012R2. ADFS didesain untuk mengalamatkan situasi yang saat ini umum terjadi pada bisnis-partner atau client yang berada pada jaringan yang berbeda ingin mengakses aplikasi Web yang dimiliki oleh extranet organisasi Anda. Pada skenario biasa, client harus memasukkan credential sekunder ketika mengakses halaman Web pada jaringan Anda. Hal ini dikarenakan credential milik client pada jaringannya sendiri mungkin tidak cocok atau tidak dikenali oleh layanan direktori yang ada pada jaringan anda.

ADFS didesain untuk mengurangi kebutuhan untuk memasukkan credential sekunder dengan menyediakan mekanisme untuk mendukung single sign-on (SSO) diantara direktori yang berbeda yang berjalan pada jaringan yang berbeda. ADFS melakukannya dengan menyediakan kemampuan untuk menciptakan hubungan yang terpercaya antara dua direktori yang dapat digunakan untuk merancang identitas client dan hak akses dari jaringan pribadinya ke jaringan milik partner bisnis terpercaya. Dengan membangun satu atau lebih server federasi pada berbagai organisasi, hubungan bisnis ke bisnis (B2B) dapat juga dibentuk untuk memfasilitasi transaksi B2B antara partner-partner yang terpercaya.

Untuk membangun ADFS, setidaknya salah satu jaringan yang terlibat harus menjalankan baik ADDS maupun ADFS. ADFS telah ada sejak Windows Server 2003 R2, tetapi pada beberapa versi Windows Server terakhir kemampuannya semakin ditingkatkan dengan berbagai cara pada Windows Server 2012R2. Sebagai contoh, ADFS sekarang lebih mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi pada Windows Server 2012R2 karena ADFS dapat ditambahkan sebagai fungsi server menggunakan Server Manager. ADFS juga lebih mudah untuk mengurus Windows Server 2012R2 dan proses pengaturan terpercaya antara dua organisasi dengan mengekspor dan mengimpor file aturan menjadi lebih mudah dan lebih stabil.

ADFS sekarang berisi dukungan aplikasi yang telah ditingkatkan dan lebih mudah diimplementasikan dengan memanfaatan aplikasi seperti Microsoft Office Share Point 2013 dan juga komponen Active Directory Rights Management Services (ADRMS) dari Windows Server 2012R2.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s