Bagaimana Pekerja IT dengan Hadirnya Cloud Computing


SEMINAR1Tanggal 6 Desember 2014, saya menjadi salah satu pembicara pada seminar sehari dengan tema “Achievements in the Creations” yang diselengarakan oleh HIMATEKINFO Universitas IBN Khaldun Bogor bekerjasama dengan komunitas MIGI Priangan.

Seminar kali ini memang sedikit berbeda dibandigkan dengan seminar-seminar yang diselenggarakan Universitas Ibn Khaldun, biasanya mengarah ke Technology Update, namun kali ini lebih fokus pada bagaimana lulusan PT dengan berkembangnya Cloud Computing. Apakah masih mendapat tempat sebagai tenaga kerja IT di masa mendatang?

Tentu ke depan persaingan dunia IT akan semakin luar biasa. Berbagai teknologi terus diaplikasikan, dan juga tentu akan mengubah cara bekerja dimana tadinya kita harus selalu berhadapan dengan komputer sever, database server, hardware yang lengkap dengan berbagai sumberdayanya atau lebih dikenal dengan istilah “on premies”. Kebiasaan ini tentu sampai saat ini masih tetap ada dan mungkin juga untuk sebagian masyarakat masih dipertahankan. Namun tentu biaya akan sangat besar dibandingkan dengan teknologi baru yang sedang rame dibicarakan, yaitu Cloud Computing.

SEMINAR2

Sebenaranya dengan Cloud Computing, tenaga kerja IT akan semakin banyak, hanya tentu diperlukan wawasan dan kemampuan yang cukup baik. Di sini tidak hanya mengenal saja, melainkan harus sudah mengerti betul bahwa perkembangan IT dan implementasi IT diperusahaan atau instansi pemerintah di masa mendatang akan mengarah ke Cloud Comuting.

SEMINAR4

Materi yang saya sampaikan pada seminar ini tentu berkaitan dengan teknologi Microsoft, mulai dari Windows Azure, Office 365, OneDrive dan sebagainya. Semua ini dikaitkan dengan bagaimana mengimplementasikan teknologi yang ditawarkan dengan manfaat dan kegunaan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

SEMINAR5

Peserta seminar kali ini cukup beragam dan diikuti lebuh dari 250 peserta. Hanya saja tentu waktu yang disediakan relatif singkat, jadi tidak seperti biasanya, kalau saya menyampaikan materi selalu diikuti dengan demo-demo dan lebih mengarah ke teknis. Namun demikian peserta seminar tetap merasa puasa ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan.

Advertisements

2 thoughts on “Bagaimana Pekerja IT dengan Hadirnya Cloud Computing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s