Dengan “Office 365” Bagaimana kolaborasinya?


365-01Apakah Anda sudah mencoba Office 365? Alam Office 365 ini banyak aplikasi yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Di Office 365 tersedia aplikasi office terbaru, Exchange Server, dan sebagainya. Bahkan Anda juga bisa membuat e-mail, web pribadi, dan sebagainya. Selain itu, jika Anda memiliki domain, maka domain Anda bisa dipasang di Office 365 ini.

Secara sederhana dalam melakukan kolaborasi data atau dokumen dari Microsoft SharePoint 2013 adalah dokumen atau data yang dibuat dengan Microsoft Office 2013, kemudian dipublikasikan atau diupload ke server SharePoint 2013. Kemudian stelah data atau dokumen tersebut diupload dokumen tersebut akan berada di di dokumen center di server SharePoint 2013. Di sini pengguna dalam jarningan intranet atau interet bisa leluasa menggunakan dokumen tersebut sesuai dengan tingkat otoritas yang diberikan kepadanya.

Kecanggihan SharePoint 2013 dalam berkolaborasi dengan program aplikasi khususnya keluarga Micerosoft Office 2013, seperti Word, Excel, PowerPoint dan OneNote sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Dokumen yang dibuat dengan aplikasi Microsoft Office 2013, bisa diupload ke server SharePoint 2013 dana secara otomatis dokumen yang sudah berada di server tersebut dishare serta bisa digunakan secara bersama.

Tidak hanya dokumen sebenarnya yang di sharing ini, aplikasi yang ada di SharePoint 2013 seperti Word, Excel, PowerPoint dan OneNote juga bisa digunakan secara bersama dalam jaringan intranet atau internet. Sebagai contoh, Anda masuk ke Windows Live dan masuk sebagai user di Windows live tersebut, dan setelah itu Anda klik tombol Office, maka akan terbuka aplikasi keluarga Microsoft Office 2013 yang disharing dan bisa digunakan dari seluruh dunia tanpa kecuali. Begitu juga dengan aplikasi browser yang digunakan juga tidak dibatasi, semua browser yang ada saat ini hampir dipastikan bisa menjalankan aplikasi tersebut secara online melalui internet. Begitu juga dengan SharePoint 2013 yang saat ini mulai bayak digunakan dan diaplikasikan memiliki kemampuan yang luar biasa, Anda bisa mengupload dokumen, menggunakan aplikasi secara bersama di atas browser, dan sebagainya.

Bagaimana dengan aplikasi yang dibuat sendiri dengan VisualStudio.Net? Yang namanya kolaborasi tentu semua aplikasi yang dipasang di SharePoint 2013 semuanya bisa digunakan secara bersama termasujk datanya. Jadi jelas dengan kolaborasi ini, maka akan semakin mempermudah anda dalam melakukan kegiatan bisnis anda. Kita akan dengan mudah saling bertukar informasi dan data dengan portal yang kita bangun dengan menggunakan kolaborasi ini.

Walau demikian, akhirnya berpulang keada kita semua yang akan merasakan manfaat yang luar biasa bagi lingkungan kerja dengan hadirnya SharePoint Server 2013. Karena dengan adanya Microsoft SharePoint 2013 lengkap dengan aplikasi Office Web Appsnya Anda akan sedikit menghemat. Namun tentu saja apabila memerlukan aplikasi yang kengkap Anda tetap harus memiliki Microsoft Office 2013 secara keseluruhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s