Windows Firewall di Windows 8.1


Firewall yang disertakan pada Windows 8.1 memiliki banyak fungsi, powerful, dan penggunaannya juga sangat mudah. Sangat sesuai bagi user yang sering berpindah-pindah dari satu jaringan ke jaringan lain, misalnya dari rumah ke jarigan atau LAN di kantor, dari kantor ke LAN di kampus dan seterusnya, bahkan bisa juga sering menggunakan hotspot publik yang saat ini mulai marak.

Bagaimana setting Firewall di Windows 8.1? Caranya mudah, pertama Anda masuk ke Control Panel, kemudian pilih Firewall. Coba perhatikan gabar Firewall, di sana terlihat ada 3 pilihan utama (kalau join ke domain) akan ada Domain Network, Private Network, dan Guest or Public Network.

FIRE-01Kalau komputer kita di set ke HomeGorup, dimana network discovery akan dihidupkan dan membuat kita bisa melihat komputer lain yang terhubung dalam jaringan HomeGroup dan juga bisa memanfaatkan folder sharing yang ada di salah satu komputer dalam jaringan HomeGroup tersebut. Sebagai contoh dengan Homegroup akan membuat komputer yang terkoneksi dapat me-share gambar, musik, video dan dokumen maupun sharing Printer, tapi kadang-kadang ada folder yang tidak ingin dishare, maka Anda dapat memilih tidak dishare.

Jika jaringan Anda berupa LAN dan dilengkai degan DC (DomainControler) atau ADDS dan ada beberapa komputer tidak JOIN ke domain, maka tidak akan bisa memanfaatkan folder yang di share di server jika Firewallnya diaktifkan. Sedangkan apabila ingin memanfaatkan folder sharing atau DFS (Distributed File System) yang ada dalam jaringan tersebut, maka Firewallnya jangan diaktifkan.

FIRE-03Anda bisa dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan Firewall ini dengan cara mengklik Turn Windows Firewall on or Off. Setelah itu akan tampil jendelan untuk pengaturan Firewall tersebut. Di jendela Customize Firewall ini Anda bisa mengatur seting sesuai keinginan, misalnya untuk domain settings Anda pilih Turn on Windows Firewall, lalu pada pilihan di bawahnya Anda klik misalnya Block all incoming connection, including those in the list of allowed app. Anda bisa memberi tanda centang pada pilihan yang dikehendaki, setelah selesai klik OK.

Seperti telah diejalaskan di atas terlihat tiga pengaturan Firewall tersebut, yaitu “Domain Network“. Pilihan ini akan tampil apabila komputer Anda terkoneksi ke jaringan LAN dengan ADDS.

Pilihan berikutnya adalah “Private network“, network discovery akan hidup secara default, kebetulan komputer saya terhubung ke Domain Windows Server (ADDS), oleh karena itu secara otomatis Windows Firewall akan mengenalinya dan mengklasifikasikan sebagai domain network.

Public Network“ merupakan pilihan yang tepat bila kita sedang mengakses internet di area publik seperti restoran, kafe, ataupun saat memakai koneksi dengan internet melalui handphone. Memilih Public Network akan membuat setting Network Discovery off secara default sehingga komputer lain di jaringan tidak bisa melihat keberadaan anda dan pilihan profil ini akan membuat anda tidak bisa membuat atau bergabung kedalam homegroup.

Untuk setiap profil network, secara default Windows Firewall akan memblokir koneksi dari program yang tidak ada didalam daftar FIRE-02whitelist. Namun Windows 8.1 dan mungkin juga Windows 8 memperbolehkan anda melakukan setting berbeda untuk setiap profil. Untuk mengkonfigurasi akses program untuk setiap profile cara dengan memilih Advanced Setting di bagian kiri layar. Beberapa setting yang dapat diubah antara lain:

  • Inbound connections
  • Outbound connections
  • Connection Security
  • Monitoring

Di sini Anda bisa mengatur Firewall Anda sesuai keinginan dengan cara mengklik salah satu pilihan yang ada mulai dari Inbound connections, outbound connections, connection security dan monitoring. Perhatikan gambar yang berkaitan dengan firewal tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s