Windows Azure, Office 365 dan Windows 10 di SMANSA Sukabumi


A-5Sabtu, 7 Februari 2015 Saya memberikan materi Windows Azure dan Windows 10 di SMA Negeri 1, Baros, Sukabumi. Memang cukup jauh juga dari Bogor ke Sukabumi, jalan yang rusak, dan hujan masih mengguyur sepanjang jalan. Namun tentu saja tetap semangat.

Acara IT Festival ini dibuka oleh Bapak kepala sekolah, kepala sekolah termuda yA-2ang saya kenal. Beliau baru berusia 36 tahun, luar biasa. Hadir juga para pembina eskul, terutama yang berkaitan dengan eskul IT.

Saya ditemani Isteri, berangkat dari rumah jam 7 pagi, memang waktu saya untuk bicara jam 14.00 sampai jam 17.00, maklum saya harus membawakan 3 materi, Windows Azure, Office 365 dan Windows 10.

Materi yang berkaitan  dengan Windows Azure memang cukup banyak, saya mendemokan bagaimana mendaftar untuk memiliki Akun di Windows Azure, persyaratan apa saja yang harus dimiliki, dan sebagainya. Dan yang paling menentukan untuk menjalankan sistem operasi yang akan dipasang di atas Windows Azure adalah kecepatan akses internetA-3, dan bagaimana mengkoneksikan laptop atau komputer yang digunakan ke sistem operasi Windows Server yangsi dipasang atau di setup di atas Windows Azure. Memang untuk menjalankan Windows Azure ini memerlukan koneksi internet yang cukup stabil. Namun SMAN 1 Sukabumi, sudah memiliki koneksi internet yang cukup baik.

Materi berikutnya yang saya bawakan adalah Office 365. Materi ini aA-7Saya sampaikan dengan demo saja, karena waktu yang sangat terbatas. Kali ini saya menjelaskan bahwa Office 365, di dalamnya terdapat banyak aplikasi untuk yang cukup canggih, seperti Lync Server, SharePoint Server, Exchange Server, dan sebagainya. Sehingga dengan Office 365 pengguna atau user  bisa memanfaatkan berbagai kecanggihan keluarga Offce System yang selama belum banyak di kenal di masyaraat IT di Indonesia.

A-3Materi terakhir di, materi inisial juga Saya Sampaikan dengan demo, karena waktu sdah hampir jam 17.00, Maka kurang lebih 30 menit saya mendemokan kelebihan Windows 10, mulai dari tombol Star yang sudah merubah, pilihan Store, multiple Desktop, dan sebagainya.A-6

Peserta yang hadir juga cukup banyak, diperkirakan yang hadir sakita sekitar 250 orang. Walaupun wawasan dan kemampuan IT mereka berbeda-beda dan tidak sama, namun semangat dan keinginan mereka yang patut diapresiasi. Selamat dan sukses buat Muhamad Fikri, sebagai Ketua panitia pelasana IT Festival Tahun 2015. Sampai ketemu pãda IT Festival Tahun 2016 yang akan datang, sekali lagi selamat buat Bapak Rachmat Mulyana, S.Pd, M.Hum selaku kepala sekolah yang mensupport kegiatan ini, dan juga kepada para pembina IT di SMA Negeri 1 Sukabumi tetap semangat, walaupun materi IT di SMA sudah tidak ada Lagi.

Selain ketiga materi tersebut, saya juga memberikan sedikit penjelasan mengenai MVA (Microsoft Virtual Academy). Dengan mengetahui MVA, maka wawasan mereka akan bertambah, karena di situs MVA ini banyak ilmu baru dan teknologi baru yang patut untuk dibaca. Seain itu, juga akan disosialisasikan kepada para pelajar di lingkungan SMA 1 Sukabumi, juga para IT Professional dan mahasiswa IT di Sukabumi. Bagi mereka yang sudah kelas 3 yang sebentar lagi akan mengikuti ujian akhir dan masuk ke Perguruan Tinggi. Apabila lulus dalam ujian sertifiksi MVA ini merupakan bekal bagi mereka untuk mengikuti perkembangan IT di lingkungan yang lebih luas lagi.

Advertisements

2 thoughts on “Windows Azure, Office 365 dan Windows 10 di SMANSA Sukabumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s