Beredar buku Windows Server 2012R2 “Pegangan Administrator Jaringan dan IT Professional”


buku-depanAkhir bulan Februari 2015, Buku dengan Judul Microsoft Windows Server 2012R2 “Pegangan Administrator Jaringan dan IT Professional akan beredar. Buku ini adalah buku pertama saya yang akan terbit terbit tahun 2015.  Buku ini merupakan buku pegangan para administrator jaringan, IT Profrssional, mahasiswa, pelajar SMK juruan TKJ atau masyarakat yang sedang mempelajari jaringan khususnya yang menggunakan Windows Server 2012R2 sebagai sistem operasinys. Dalam buku ini dijelaskan mulai dari mengenal dan memahasi Windows Serer 20123R2 seagai sistem operasi modern 64 bit, pemahaman menganai DHCP, DNS, menambah Roles dan mengaplikasikan Hyper-V dalam suatu jaringan.

Pemahaman Domain Controller atau ADDS (Active Directory Domain Name Services) menjadi prioritas bahasan dalam buku ini. Karea untuk membuat OU, User, GPO, dan sebagainya bermula dari ADDS ini. Pembagian user juga dijelaskan dalam buku ini. Bergitu juga dengan pembuatan Organizational Unit, Group Policy Onbject. Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan cara mengedit dan menghapus group poicy, organizational unit dan user, dan sedbagainya.

Buku ini dikemas dalam 11 bagian, diawali degan mengenal sistem operasi Windows Server 2012R2, proses instalasi, menambah Roles dan Feature, menginstalasi Roles dan Features yang sudah ditambahan, dan sebagainya. Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana menambahkan roles Active Directory Lightweight Directory Services, Active Directory Lightweight DirecBUKU-BELAKANGtory Services, Active Directory Federation Services, Active Directory Rights Management Services juga dibahas dalam buku ini.

Untuk keamanan data, dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana menambahkan Roles DFS (Distributed File Servicer). Dengan DFS Namespece dan DFS Replication, data akan aman dan tersimpan dengan baik dalam sebuah server atau server lainnya dalam sebuah jaringan. Jadi dengan DFS ini pengguna bisa menyimpan data dan tidak perlu mengetahui dimana datanya tersimpan. Dalam hal ini DFS bisa di pasang di Server DC , bisa juga di komputer atau di server lain yang join ke domain dalam suatu jaringan.

Buku yang tidak terlalu tebal ini diterbitkan oleh Datakom Lintas Buana “D@TAKOM” yang selama ini menerbitkan sebagian besar buku karya saya. Terima kasih kepada teman-teman di penerbit D@TAKOM, teman-teman di Microsoft Indonesia, teman-teman MVP (Most Valuable Professional), tidak lupa teman-teman saya di MUGI (Microsoft User Group Indonesia). Selain itu saya mengucapkan terima kasih juga kepada teman-teman di kampus Universitas Pakuan, dimana saya mengajar Sistem Operasi dan Jaringan. Terakhir selamat membaca dan hehehe membeli buk ini.

Advertisements

35 thoughts on “Beredar buku Windows Server 2012R2 “Pegangan Administrator Jaringan dan IT Professional”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s