Windows Azure “Solusi IT Masa Depan”


Pendahuluan

AZURE-01Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai Cloud Computing, sebaiknya mengenal perjalanan penggunaan komputer di dunia ini, mulai dari jamannya mainframe, client-server, web, SOA sampai dengan Cloud. Sebagai gambaran berikut ini saya tampilkan perjalanannya mulai dari era mainframe tahun 1970-an, kemudian disusul zamannya Client-Server sekitar tahun 1980-an, lalu era Web tahun 1990-an, tahun 2000 zamanya SOA dan tahun 2010 sampai sekarang komputer awan mulai rame dibicarakan dan mungkin saja satu atau dua tahun ke depan sistem ini yang akan banyak digunakan.

Kemudian apabila melihat perjalanan tersebut Anda mungkin akan bertanya, apa sebenaranya Cloud Computing itu? Cloud Computing adalah sebuah konsep teknologi yang memungkinkan para pengguna komputer atau user menggunakan produk-produk IT dalam sebuah service. Jadi dengan konsep ini perusahaan atau organisasi pengguna service tidak perlu memikirkan infrastruktur teknologi, men-training tenaga ahli, atau membeli lisensi sebuah software. Dengan cloud computing, perusahaan atau organisasi cukup berlangganan satu atau menggunakan service yang dibutuhkan dengan pembayaran dilakukan per service melalui Internet.

Cloud Computing? pasti banyak dari para pembaca yang sudah sering dengar kata tersebut, atau jika belum pernah dengar, mungkin pernah dengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, yaitu “Komputasi Awan”. Ada banyak sudut pandang untuk menjelaskan apa itu Cloud Computing, mungkin bagi orang awam, ketika membaca atau mendengar mengenai Clound Computing atau komputer awan tampaknya akan kebingungan. Apa yang dimaksud dengan komputer awan? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai komputer awan berikut ini akan dijelaskan secara singkat dan sederhana. Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud computing dibagi menjadi tiga, yaitu Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Apa itu Windows Azure?

Perkembangan teknologi khususnya sistem operasi demikian pesat. Windows Server misalnya, kini sudah merilis Windows Server 2012, bahkan dalam waktudekat Windows Server 2012 R2 sudah akan diluncurkan. Dari sisi desktop sendiri juga tidak kalah berkembangnya, kini Windows 8 sudah mulai diujicobakan Windows 8.1. Ini berarti akan hadir sistem operasi desktop pengembangan dari Windows 8. Sementara itu, perkembangan sistem operasi lain seperti Windows Phone, kini sudah masuk pada Windows Phone 8. Sistem operasi ini sangat modern dan canggih sebagai sistem operasi yang ditanam di Smart Phone.

Pemahaman masarakat tentang Windows Azure memang masih berbeda dan sebagian masih keliru. Tidak sedikit mereka menganggap bahwa Windows Azure itu adalah sistem operasi keluran Microsoft. Padahal tidak demikian. Jadi apa sebenarnya Windows Azure? Windows Azure adalah platform komputasi awan (cloud computing) dari Microsoft yang menawarkan berbagai layanan SaaS (Software as a Service) untuk membangun aplikasi web yang scalable. Selain digunakan untuk membangun aplikasi, layanan ini juga sekaligus menyediakan platform hosting dengan skema pembayaran ketika resource komputasi digunakan saja (pay as you go).

Di belakang infrastruktur Windows Azure adalah data-data center yang didirikan oleh Microsoft yang tentunya telah berpengalaman dengan infrastruktur layanan web mereka seperti Hotmail, Windows Live, MSN dan Bing.

Layanan-layanan Windows Azure

Banyak layanan yang diberikan Windows Azure bagi Anda, berikut beberapa layanan yang tersedia pada platform Windows Azure, antara lain, Compute, Storage, SQL Azure, Content Delivery Network, Azure AppFabric,  Azure Marketplace, Azure Virtual Network, dan sebagainya.

Dari berbagai layanan tersebut Anda bisa memilih dan menggukan layanan yang paling sesuai dan bisa diaplikasikan dalam lingkungan perusahaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan fitir Virtual Machine (infrastruktur-as-a-service) untuk sistem atau server cloud Anda. Dengan menggunakan pilihan ini Anda tidak perlu lagi menggunakan server di local, cukup di cloud saja. Dengan memanfaatkan fitur Virtual Machine dilingkungan Windows Azure ini Anda akan merasa jauh lebih nyaman dan aman.

Microsoft mendukung perangkat lunak server Microsoft yang berjalan di Mesin Virtual Windows Azure. Semua perangkat lunak Microsoft yang diinstal di Virtual Machine Windows Azure, harus berlisensi. Mesin Virtual Windows Azure secara default berlisensi, misalnya untuk menggunakan Windows Server 2012 atau sistem operasi lain di lingkungan Windows Azure.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Windows Azure sebagai lingkungan sistem Anda, Anda bisa mencobanya secara gratis, setelah dirasa cukup dan Anda akan menggunakannya, maka itu baru bisa dilakukan.

Windows Azure, selanjutnya?

Saat ini banyak fitur yang disediakan Windows Azure bagi Anda. Salah satunya yang sangat memungkinkan untuk digunakan dan diaplikasikan dalam dunia bisnis adalah Virtual Machine dan SQL Azure. Walaupun memang fitur lainpun sangat mungkin untuk digunakan dan diaplikasikan.

Dalam buku ini saya akan fokus membahas Virtual Machine pada Windows Azure. Terus bagaimana menggunakan fitur tersebut dan bagaimana agar kita bisa menggunakn dan registrasi Windows Azure? Persyaratannya apa saja dan bagaimana dengan koneksi internet saat ini? Apakah mungin dengan koneksi yang ada di Indonesia saat ini?

Sebelum berlanjut ke pembahasan Virtual Machine yang ada di Windows Azure, sebelumnya saya akan menjelaskan persyaratan yang perlu diperhatikan apabila Anda akan mencoba dan menggunakan sistem dilingkungan Windows Azure.

Untuk memulai Windows Azure ada beberapa persyaratan yang dan harus dimiliki oleh calon pengguna. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Harus memiliki akun di keluarga Microsoft, misalnya Outlook.com, Live.com, mhs.com atau hotmail.com
  • Harus memiliki kartu kredit
  • Ada koneksi internet
  • Tiga yang disebutkan di atas merupakan persyaratan mutlak, baik untuk permanen maupun bagi Anda yang sekedar ingin mencoba saja. Namun tentu saja kalau yang FREE kartu kredit Anda tetap tidak di debet.
Advertisements

One thought on “Windows Azure “Solusi IT Masa Depan”

  1. Pingback: Virtual Machine Windows Azure – PurwadhikaPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s