Membuat Template Presentasi di PowerPoint 2013


TEMPLATE-01Apakah selama ini Anda menggunakan template presentasi (PPTX) sendir? Atau menggunakan tenplate default yang disediakan Microsoft PowerPoint 2013 saja. Apakah Anda ingin mencoba membuat template presentasi sendiri?

Untuk membuat template tidak sulit, mudah dan tidak perlu waktu lama. Yang pasti semua orang bisa membuat templeta PPTX dengan mudah, cepat dan tentu saja bisa digunakan sesuai keinginan Anda.TEMPLATE-02

Misalnya Anda adalah pepawai di salah satu perusahaan. Perusahaan tempat Anda bekerja meminta Anda membuat template presentasi sendiri dan disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Bagaimana cara membuatnya dan langkah apa yang harus dilakukan?

Sebagai contoh saya membuat presentasi untuk perusahaan DATAKOM. DATAKOM adalah salah satu penerbit buku yang ada di Indonesia.TEMPLATE-03

  • Jalankan PowerPoint 2013 atau 2010 juga boleh sama saja, sehingga tampil halaman pertama atau halaman awal dari PowerPoint tersebut. Di sini Anda tidak perlu mengisi data apapun, biarkan kosong saja.
  • Klik Menu VIEW, setelah itu PowerPoint akan menampilkan pilihan di bawah menuTEMPLATE-04 VIEW
  • Klik Slide Master, pilihan dibawah Slide Master segera tampil.
  • Atur ukuran slide yang akan digunakan, Anda bisa menggunakan pilihan standard atau disesuaikan, misalnya 16:9, 16-10 dan serbagainya. Caranya pastinya Anda masih di dibawah Menu Muster. Klik tombol Slide Size, setelah itu Anda atur ukuran slide yang akan digunnakan. Saya menggunakan contoh 16:9
  • Masukkan logo yang sesuai, dan tempatkan di lokasi yang diinginkan.
  • Masukkan atau ketikkan teks yang diinginkan, misalnya Datakom Lintas Buana, Jakarta. Perhatikan contoh
  • Atur warna, dan sebagainya sehingga kelihatan dan tampak menarik. Untuk menTEMPLATE-05gatur warna Anda klik Background Style, atur background yang sesuai dengan memilih Format Background, format Background segera tampil, klik Gradient fill. Selanjutnya Anda atur warna sesuai keinginan. Klik Apply to All yang menandakan semua halaman menggunakan pilihan warna yang dipilih.
  • Hapus beberapa halaman yang tidak diperlukan, dalam contoh ini saya mengambil beberapa halaman slide saja, sehingga sisanya saya hapus.
  • Simpan file tersebut dan berinama Datakom Template.

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s