Nano Server Windows Server 2016


GB-01Microsoft Windows Server 2016 TP3 sangat jauh berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya, terutama dengan Windows Server 2008R2, 2012, bahkan Windows Server 2012R2 sistem operasi Server terbaru yang akan dirilis Microsoft beberapa waktu ke depan ini sangat menjadikan dari berbagai kemampuan. Windows Server 2016 TP 3 telah dimasukkan banyak fitur baru, terutama berkaitan dengan peningkatan virtualisasi, proses instalasi yang nyaris sempurna dan tentu sangat membantu administrasi dalam mengelola jaringan berskala luas.

Windows Server 2016 TP3 kini telah diluncurkan, dalam versinya terbaru ada beberapa penambahan utama ke Windows Server 2016, salah satunya Nano Server, wadah, fitur keamanan data center dan sebagainya.

Nano Server

Jika Server Core sudah teredia kenapa Microsoft mengeluarkan teknologi baru bernama Nano Server pada Windows Server 2016? Sebenarnya kalau dilihat dari beberapa hal Nano Server hampir sama dengan server core, hanya yang menjadi perbedanaan yang sangat signifikan antara server core dengan nano server adalah dimana Nano Server 20 kali lebih kecil dari Server Core, dengan kemampuan nyaris sama dengan Server Core. Namun demikian nano server memiliki lain seperti Hyper-V, clustering dan dukungan NET dan hidup dengan kurang dari sepuluh persen dari persyaratan memori Windows Server.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s