Sekilas Manajemen Proyek


projeManajemen proyek sebenarnya dua kata yang pengertiannya berbeda. Definisi manajemen sendiri sangat banyak manajemen, namun pada dasarnya manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengarahan dan pengawasan usaha untuk mencapai suatu tujuan. Dengan kata lain manajemen merupakan proses merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan, mengarahkan, mengawasi dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya yang ada untuk mencapai suatu tujuan.

Proyek sendiri secara umum dapat diartikan sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Misalnya proyek penelitian disuatu lembaga penelitian dibatasi oleh tahun anggaran yang namanya DIPA. DIPA ini dilaksanakan mulai bulan Januari dan akan berakhir bulan Desember tahun berjalan. Namun demikian ada juga proyek jangka pendek, jangka menengah dan proyek jangka pangjang. Umpamanya proyek pembangunan gedung laboratorium Microbiologi, proyek ini direncannakan akan selesai 5 tahun anggaran, dimulai tahun 2008 dan akan berakhir tahun 2012. Kemudian pada jaman orde baru ada yang namanya PELITA (Pembangunan Lima Tahun), REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun), dan sebagainya.

Bagi Pemula Dengan demikian manajemen proyek adalah penerapan fungsi manajemen yang dilakukan secara sistematis pada proyek tertentu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien sehingga tujuan akhir proyek tepat sasaran dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu, proyek sifatnya berkelanjutkan dan melibatkan sumberdaya yang ada dalam suatu organisasi maupun dari luar organisasi, maka dengan demikian untuk menyusun suatu proyek yang benar-benar memenuhi kaidah anggaran sangat diperlukan suatu aplikasi yang mampu menangani berbagai permasalahan yang berhubungan dengan proyek yang akan direncakan tersebut. Salah satu aplikasi yang handal dan bisa menjawab menjawab tantangan tersebut adalah Microsoft Office Project Professional 2007, 2010, 2013, 2016 sebagai aplikasi clientnya dan Microsoft Office Project Server sebagai aplikasi di sisi servernya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s