Microsoft Azure dan One Drive


uika-2015Beberapa  hari lalu saya berbicara mengenai Microsoft Azure, Windows 2016 dan One Drive. Dalam seminar ini saya menjelaskan mulai dari Microsoft Azure sampai dengan OneDrive dan penggunaannya. Selain itu, saya juga menjelaskan mengenai Windows Server 2016 yang ada di Azure.

Apakah Microsoft Azure atau lebih dikenal dengan Windows Azure? Windows Azure adalah platform komputasi awan (cloud computing) dari Microsoft yang menawarkan berbagai layanan SaaS (Software as a Service) untuk membangun aplikasi web yang scalable. Selain digunakan untuk membangun aplikasi, layanan ini juga sekaligus menyediakan platform hosting dengan skema pembayaran ketika resource komputasi digunakan saja (pay as you go).

Di belakang infrastruktur Windows Azure adalah data-data center yang didirikan oleh Microsoft yang tentunya telah berpengalaman dengan infrastruktur layanan web mereka seperti Hotmail, Windows Live, MSN dan Bing. Sehingga dengan Windows Azure ini pengguna bisa memanfaatkan berbagai kecanggihan komputasi modern seperti Hybrid Cloud dimana dengan teknologi ini Public Cloud dan Private Cloud yang di-implementasikan oleh suatu organisasi/perusahaan. Sehingga dengan Hybrid Cloud pengguna bisa memilih proses bisnis mana yang bisa dipindahkan ke Public Cloud dan proses bisnis mana yang tetap berjalan di Private Cloud.

uika-20152Sebagai contoh, Perusahaan A, menyewa layanan dari Windows Azure (Public Cloud) sebagai “rumah” dipakai untuk aplikasi yang mereka buat, tapi karena peraturan perundang-undangan, data nasabah dari perusahaan A tidak boleh disimpan di pihak ketiga. Karena perusahaan A tersebut taat pada aturan yang ada, data nasabah tetap disimpan di database sendiri (Private Cloud), dan aplikasi akan melakukan koneksi ke database internal.

One Dreive

Sebagaimana kita ketahuibahwa OneDrive merupakah salah satu fitur dari Windows live dan keluarganya. OneDrive adalah layanan file hosting untuk menyimpan atau meng-upload dan sinkronisasi file ke cloud storage. Microsoft telah merilis aplikasi resmi OneDrive Clent sehingga akan lebih memudahkan pengguna untuk mengelola account OneDrive langsung lewat komputert atay desktopnya. Di sini cuoup dengan menginstal aplikasi OneDrive pada PC, kita dapat mengakses, menelusuri, dan meng-upload file ke account OneDrive melalui komputer desktop secara langsung.

Seperti telah dijelaskan dimuka, bahwa dengan OneDrive kita bisa dengan mudah menyimpan data berupa file diatas awal dan tentu saja kapan pun kita bisa membuka dan mengeditnya, dengan sistem operasi apapun Anda bisa menjalankan aplikasi seperti Word, Excel, dan lain-lain, tentu saja komputer yang Anda gunakan harus sudah terhubung ke inernet.

OneDrive selain bisa digunakan untuk menyimpan file juga bisa digunakan sebagai media untuk sharing file, sharing dokumen dan lain-lain. Hanya tentu saja sebelum Anda menggunakan fitur tersebut sebelumnya Anda harus sudah memiliki Account di MS, Live atau Hotmail.

OneDrive saat ini memberikan space penyimpanan sebesar 7 GB san dapat diupgrade menjadi 25GB, kapasitas yang cukup besar ini bisa digunakan untuk menyimapn berbagai file dokumen termasuk file grambar atau foto, begitu juga dengan tampilannya, sebagaimana layaknya Windows Explorer OneDrive sangat mudah untuk dimanage. Selain itu Anda juga bisa berbagi file atau dikumen dengan dengan orang lain melalui dunia maya, data yang disimpan di OneDrive, file tersebut di Sharing dan bisa juga dengan memberikan linknya kepada yang memerlukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s