Kisi-kisi Manpro


A. Kisi-kisi berkaitan dengan soal pilihan

Teman-teman, tidak terasa sekarang sudah mau UAS lagi. Untuk soal UAS mata kuliah Manajemen Proyek ada dua jenis terdiri 10 soal pilihan dan 5 soal menjawab. Untuk soal UAS kali ini saya mengambil 25% dari soal UTS, dan sisanya dari pengalaman dan materi yang disampaikan selama perkuliahan berlangsung.

PROJEK1Dari 10 soal memilih jawaban Anda harus mempelajari Project Contraint, berkaitan dengan kegiatan perencanaan,  5 fase penting dalam manajemen proyek, manajemen proyek berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan, dan lain-lain.

Kemudian yang perlu juga Anda pelajari adalah berkaitan dengan Trade off Triangle atau Tri-le Contraint. Ini juga harus Anda baca dan pelajari. Selanjutnya yang berkaitan dengan 5 daya utama dalam organisasi adalah salah satu hal yang perlu dikuasai apabila Anda akan menggarap suatu pryek.

Estimasi biaya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam manajemen proyek, oleh karena itu Anda harus mempelajarinya. Selanjutnya yang berkaitan ddengan penanganan sebuah proyek dalam sebuah organisasi biasanya dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, di sini ada 3 jenis pengorganisasian secara matrik. Ini perlu Anda pelajari karena sangat berkaitan dengan penanganan sebuah proyek.

Anda harus mempelajari secara mendalam berkaitan dengan estimasi seperti dijelaskan di atas, karrna dalam sebuah kegiatan proyek khususnya proyek SI, ada beberapa pilihan capaian estimasi biaya dan pertanggungjawaban. Kemudian salah satu tool atau aplikasi yang banyak digunakan dalam menyusun Manajemen Proyek adalah Microsoft Project. Untuk menyusun sebuah proyek memang akan lebih baik kalau kita menggunakan tools tersebut. Fitur apa saja yang perlu dipelajari dan dikuasi ketika Anda menggnakan Micrsoft Manajemen Project sebagai tools dalam penyusunan perencanaan proyek?

B. Kisi kisi berkaitan pertanyaan

Untuk UAS kali ini Ana diminta menjawan pertanyan yang ada. Di sini saya mengambil beberapa soal dari UTS dan sisanya dari pertemuan setelah UTS. Semua materi ada di slide dan materi yang sudah saya sampaikan.

Pertanyaan secara umum antara lain Anda diminta menjelaskan mengenai proyek, manejemen proyek, program dan lain-lain serta perbedaaannya. Kemudian Anda juga diminta menjelaskan berkaitan dengan stakebolder dana manajemen proyek, dan lain-lain.

Dalam proyek dikenal beberapa tahapan, antara lain Forward Pass dan Backward Pass serta jaur kritis. Di sini Anda diminta menjelaskan dari gambar yang ada. Selanjutnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk dipelajari adalah berkaitan dengan kegiatan proyek. Kembali Anda diminta menjelaskan kegiatan sebuah proyek.

Soal terakhir yang ada dalam UAS kali ini, Anda diminta menggambar berkaitan dengan struktur, baik yang berkaitan dengan proyek, struktur organisasi, dan sebagainya.

Jadi soal UAS kali ini sudah ada dalam slide. Untuk itu Anda bisa mencari dan memintanya pada teman Anda di kampus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s