Command Prompt di Windows 10


COMM1Bagi pengguna sistem operasi baik sistem operasi server, desktop ataupun client penggunaan perintah melalui command prompt, command line ataupun PowerShell sangat dierlukan. Tujuannya tentu untuk mempercepat proses eksekusi suatu aplikasi atau perintah. Misalnya Anda akan mengcopy semua data yang ada di dari drive folder data (C:\DATA) ke drive D folder DATA-DATA ( D:\DATA-DATA), perintahnya adalah copy C:\data *.* d:\data-data <enter> . Anda juga bisa menggunakan perintah lainnya melalui command line atau PowerShell.

Beberapa cara

COMM2Bagaimana masuk ke command prompt Windows 10? Banyak cara yang bisa dilakukan. Kalau Anda menggunakan PowerShell, cukup menjalankan aplikasi tersebut cara klik tombol Start Windows 10, lalu klik All Apps, klik PowerShell dan pilih salah satu aplikasi Windows PowerShell yang akan dijalankan, misalnya Windows Power Shell. Misalnya Anda akan meminta bantuan di PowerShell tersebut ketikkan help diikuti dengan menekan Enter, perhatikan PS C:\Users\tutang> help <enter>

COMM3Untuk masuk ke command prompt Anda bisa melalui tombol RUN, ketikkan CMD, lalu klik tombol OK atau cukup dengan menekan enter saja. Cara lain yang paling mudah adalah dengan menekan tombol W (Windows) yang ada dipapan ketik diikuti dengan menekan tombol R (Windows+R), ketikkan CMD, tekan tombol OK.

Cara lain untuk masuk ke command prompt adalah dengan menekan tombol W (Windows) diikuti dengan menekan tombol X (Windows+X). Di sini ada dua pilihan untuk masuk ke command promt tersebut, yaitu command prompt biasa (user) dan command prompt (admin).

Apabila Anda memilih Command Prompt (Admin), maka akan tampil pernyataan apakah Anda yajin akan menampilkan Command Prompt (Admin), jika Ya Anda jawab Yes dan No apabila tidak. Sedangkan jika Anda mengabik pilihan Command prompt biasa (user) pernyataan tersebut tidak akan tampil.

Sebenarnya masih banyak pilihan lain yang bisa digunakan apabila Anda akan masuk ke Command Prompt, misalnya melalui pilihan Search, melalui Start Menu dan lain lain. Jika Anda menggunakan Start Menu dengan menekan tombol Windows diikuti dengan menekan tombol C secara bersamaan (Windows+C), lalu teruskan dengan menambah MD (CMD), diikuti degan menekan enter.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s