Disable USB di Windows 10


REGISTRI-1Sebagai orang yang mobile, kadang di kantor, di kampus, seminar, meeting dan sebagainya umumnya menyediakan laptop yang umum bisa digunakan dan dibawa kemana-mana. Bahkan di kampus tidak sedikit mahasiswa minta materi kuliah, karena sudah bisa mereka bisa langsung mengcopynya sendiri atau kadang dicopy kan.

Yang namanya Flash disk, bisa dibuka dimana saja, sehingga tidak sedikit mengandung virus atau gangguan lain yang dibawa Flasdisk tersebut. Hal ini sangat menjengkelkan ketika ada Flas disk yang dicopy mengandung banyak virus dan membuat komputer kita tidak bekerja maksimal, bahkan hang. Kalau diketahui mungkin tidak terlalu masalah, namun adakalanya  orang mengcopy data dengan flasdisk tanpa sepengetahuan kita, ini yang membuat kita cilaka.

Bagaimana mengatasinya? Banyak cara untuk hal ini, salah satunya adalah mendesable Port USB yang ada di lapotp kita. Sebenarnya ada juga cara lain, misalnya dengan memasang adalah satu fitur yang disiapin Windows 10, misalnya BitLocker (baca artikel BitLocker). Tapi ini tidak menjamin kalau teman Anda makas ingin mengcopy data. Cara yang paling radikal dan aman adalah dengan mendesable USB melalui Registry. Sebenarnya tidak hanya USB Flasdisk saja yang bisa di blok, semua Port seperti USB Keyboard, mouse, printer Port dan sebagainya bisa diblock.

REGISTRI-2Many users also block the USB port on laptop or system to protect valuable data on your system. You can also disable all USB port through simple registry setting. But, this doesn’t block block USB mouse, or USB keyboard or USB Printer Port.Caranya yang paling mudah untuk menDisable USB port di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Klok tombol Start Windows 10 atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol W (Windows) dan R secara bersamaan.
  • Ketikkan REGEDIT, apabila tampil pernyataan Anda jawab atau tekan Yes, setelah itu segera tampil jendela Registry Editor
  • Klik tepat pada HKEY_LOCAL_MACHINE dan klik dua kali SYSTEM
  • Selanjutnya Anda klik dua kali CurrentControlSet, lalu klik dua kali Services.
  • Selanjutnya Anda klik dua kali USBTOR
  • Pindahkan pointer ke kolom sebelah kanan dan cari Start, lalu klik dua kali START. Setelah menekan Start, Windows akan menampilkan kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Valiue
  • Klik di kolom Value data, kemudian Anda ubah angka 3 menjadi 4 pada pilihan Hexadecimal.
  • Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut. Dengan demikian Anda sudah bisa memblock port USB yang ada di komputer Window 10 Anda.

Bagaimana mengembalikannya? Dengan cara yang Anda ubah kembali dari 4 menjdi 3 seperti sebelumnya. Mudah-mudahan tulisan singkat dan sederhana ini ada manfaatnya buat kita semua..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s