Hibernate di Windows 10


HYB-01Ketika kita selesai Setup Windows 10, mungkin tidak semua aplikasi aktif dan berjalan sesuai keinginan kita. Salah satunya karena, Windows 10 memerlukan koneksi internet secara langsung. Jadi apabila Anda setup Windows 10 dan tidak terkoneksi ke jaringan internet, maka setelah setelah proses selesai selesai banyak aplikasi yang tidak bisa berjalan baik. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan kualitas dan kesempurnaan Windows 10 Anda, internet adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan.

HYB-02Kembali ke persoalan semula, yaitu Hibernate. Apa itu Hibernate? Hibernate adalah salah satu fitur yang ada pada sistem operasi keluarga Windows, termasuk diantaranya dalam Microsoft Windows 10. Biasanya setelesai selesai setup, dalam keadaan normal atau default, fitur hibernate tidak akan tampil, oleh karena itu perlu ditambahkan.

Perlu diketahui bahwa fitur hibernate memiliki cara kerja yang hamir sama seperti Stand by mode, namun hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena Laptop atau PC yang digunakan dalam keadaan mati atau Shut Down. Sedangkan Stand by dalam keadaan istirahat atau tidur namun masih membutuhkan daya untuk melakukan kerjanya.

Setup hibernate

Sebenarnya untuk masukke lingkungan Power Options bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang bisa lebih cepat, ada juga yang normal melalui ikon-ikon yang ada. Untuk memudahkan masuk ke program Run, tekan tombol Win+R dari papan ketik atau keyboard. Setelah tampil jendela Run ketikkann powercfg.cpl. Perintah ini sama dengan perintah yang ada di Windows Core. Setelah menuliskan perintah tersebut Anda tekan enter, sesaat kemudian akan tampil jendela Power Options.

HYB-03Langkah selanjutnya tekan tombol Choose what the power buttons to do. Setekah itu akan tampil jendela berikutnya, Anda klik Change settings that are currently unavailable. Kemudian pada pilihan When I press the power button, kilih pilihan Hibernate. Lalu  turunkan kursor ke bawah sampai pada  pengaturan Shutdown settings, akftifkan pilihan atau beri tanda centang pada Hibernate dengan cara mengkliknya. Selanjutnya Anda klik saja Save changes untuk menyimpan hasil perubahan.

Dengan mengikuti cara tersebut Anda sudah bisa melihat pada Charm Bar ketika memilih Power. Mode baru Hibernate telah muncul pada Microsoft Windows 10 Anda. Mudah-mudahan tulisan sederhana dan singkat ini berguna terutama bagi temen-temen End User khususnya yang menggunakan Windows 10.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s