Menambah Print Server di Windows 10


GB-01Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 dan sudah memiliki Print Server atau Printer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan LAN (bukan printer sharing), berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Apa bedanya Sharing Print dengan Print Server? Pada dasarnya manfaat dan kegunaannya sama, yaitu untuk mencetak dokumen atau print dokumen sehingga menghasilkan dokumen dalam bentuk kertas atau hard copy. Yang membedakan Sharing Printer adalah akan bisa digunakan apabila kompter yang dipasang printer dan di sharing dalam keadaan on. Jadi jika printer yang di sharing pada sebuah komputer PC tidak akan berungsi apabila komputer yang dipasang printer tersebut mati. Berbeda degan Print Server, alah printer yang dipasang dalam sebuah jaringan, bisa LAN bisa juga Workgroup atau Homegroup. Printer yang terpasang tersebut akan memiliki alamat atau IP Adress sesuai dengan jaringan tersebut, misalnya jaringan yang digunakan adalah kelas C dengan IP 192.168.0.1, selanjutnya untu Print Server menggunakan IP Address 192.168.0.100. IP inilah yang digunakan sebagai alamat ketika user atau pengguna dalam jaringan akan mensetup atau menginstalasi di komputernya masing-masing.

Sebagai gambaran, berikut ini akan djelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk setup Print Server dalam sebuah jaringan. Komputer PC atau laptop yang digunakan dengan sistem operasi Windows 10.

  • Klik tombol Windows, lalu pilih dan klik Settings sehingga akan tamak jendela setting seperti gambar 1.
  • Klik Devices, setelah itu akan tampil jendela Devices seperti gambar 2

GB-02

  • Klik Device and Printer. Jendela Devices and Printers segera tampil. Selanjutnya Anda klik saja Add a printer. Jendela Add a device segera tampil seperti gambar 3, selanjutnya Anda klik saja The printer that I want isn’t isted

GB-03

  • Di halaman Add Printer Anda klik Ad a printer using a TC/IP address or home, lalu klik tombol Next
  • Ketikkan alamat atau IP Address di kolom Hostname or IP Address, misalnya 172.16.51.1 seperti gambar 4 lalu klik Next untuk melanjutkan. Jika komputer Anda sudah terhubung ke jaringan LAN ata Homegroup, maka atampil nama printer sesuai dengan alamat yang Anda masukkan tersebut.

GB-07

  • Klik Next untuk melanjutkan. Klik lagi tombol Next untuk melanjutkan proses setup Print Server tersebut, dan jika tidak terjadi kesalaham, maka komputer akan menampilkan pesan sukses seperti gambar 5.

GB-10

Setelah itu Anda bisa mencoba apakah Print Server tersebut sudah bisa digunakan atau belum. Jika belum periksa printer tersebut ON atau dalam keadaan Off. Atau bisa juga jaringan tidak berfungsi atau dalam keadaan mati.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s