Antara Server Core dan Nano Server


 

GB-01Sejak dirilisnya Windows Server 2008 Microsoft sudah menyertakan pilihan instalasi minimal bernama Server Core. Sehingga kemunculannya pada Windows Server seterusnya Server Core sudah tidak aneh lagi. Karena memang sudah dikenal dan banyak digunakan sebagai pilihan server standard.

Untuk menginstalasi Server Core Windows Server 2016 hardware yang digunakan sebenarnya cukup menggunakan komputer server yang ada saat ini, misalnya Xeon generasi pertama, RAM 512, harddisk 10 Gbyte sudah bisa memasang Server Core. Service apa saja yang ada di Server Core? Sebenarnya untuk keperluan sebuah server dalam suatu jaringan baik jaringan komputer besar, menengah ataupun jaringan komputer kecil dengan sudah memenuhi syarat untuk sebuah server modern. Karena service-service standar seperti server DHCP (Dymanic Host Configuration Protocol), DNS (Domain Name System), Print Server, File Server, dan sebagainya sudah bisa dilaksanakan tanpa ada hambatan apapun.

Jika Server Core sudah teredia kenapa Microsoft mengeluarkan teknologi baru bernama Nano Server pada Windows Server 2016TP5 ? Sebenarnya kalau dilihat dari beberapa hal Nano Server hampir sama dengan server core, hanya yang menjadi perbedanaan yang sangat signifikan antara server core dengan nano server adalah dimana Nano Server 20 kali lebih kecil dari Server Core, dengan kemampuan nyaris sama dengan Server Core.

Nano Server adalah bagian penting dari komputasi modern, terutama berkaitan dengan berkembangnya teknologi cloud. Bahkan untuk Microsoft Windows Azure kemugkinan besar ke depan Nano Server akan sangat berperan, terutama bagi mereka yang memiliki koneksi internet tidak terlalu baik. Service apa yang disediakan Nao Server?  Untuk sementara memang masih terbatas pada bebeapa fitur saja, seperti sistem operasi host untuk komputasi awan menggunakan Hyper-V, platform untuk menyebarkan aplikasi berbasis cloud, dan host untuk operasi server file.

Melihat perkembangan saat ini tampaknya perusahaan akan mencoba memanfaatkan dua teknologi yang disiapkan Windows Server 2016 TP5  seperti Nano Server atau Server Core dan tetap menjadi pilihan di Windows Server 2016 TP5 . Namun demikian tentu tidak sedikit perusahaan yang tetap akan memanfaatkan Windows Server 2016 TP5 secara utuh.

Semoba bermanfaat.

ttd_thumb.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s