Dasar-Dasar Pengenalan Komputer Untuk Anak


datakom2Kalian suka menonton TV? Pasti kalian tidak terlewatan menonton sinetron di televisi. Apakah kalian memperhatikan jarak pandang antara mata kalian dengan layar TV? Sebaiknya hal ini harus diperhatikan karena akan membuat kelelahan di mata kalian. Begitu juga apabila kalian duduk di depan komputer. Posisi tangan di keyboard, pandangan dan duduk juga harus baik dan benar. Karena pergelangan tangan akan terasa pegal. Pantat dan pinggang akan terasa pegal. Untuk itu kalau kalian ada di depan komputer, mengerjakan tugas, games, jangan lupa perhatikan posisi duduk dan posisi tangan kalian. Juga pandangan mata, jangan terlalu dekat, atur sampai mata kalian terasa nyaman.

Seperti organ tubuh lainnya, mata sangat peka terhadap pengaruh lingkungan sekitar. Tubuh akan menyesuaikan berapa jarak yang sesuai agar mata dapat melihat dengan nyaman. Penyebab kelelahan mata bisa oleh posisi monitor yang kurang tepat. Bisa juga posisi duduk yang tidak sesuai.

Tidak ada batasan mengenai jarak ideal antara mata dengan monitor. Ini tergantung besarnya monitor. Para ahli mematok sekitar 50-70 cm jarak antara mata dengan monitor. Ada juga yang mengatakan dua kali lebar diagonal layar monitor. Tinggi monitor terhadap mata juga harus diperhatikan. Posisi yang dianjurkan letak monitor harus agak lebih rendah dari ketinggian mata. Paling tidak, bagian tengahnya antara 10-23 cm di bawah mata. Letak monitor yang lebih tinggi dari mata, dapat memicu kekakuan otot leher, punggung dan bahu. Sebaiknya monitor diletakan di bawah meja transparan

Selain itu, di sini juga diperkenalkan sistem operasi Windows, aplikasi pengolah kata Word, dan aplikasi pengolah angka yaitu Microsoft Excel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s