Instalasi Windows Server 2016 (1)


win2016Microsoft Windows Server 2016 sama seperti versi sebelumnya menawarkan dua cara instalasi, yaitu berbasis GUI atau Server Core. Dengan Server Core Anda hanya bisa memanfaatkan fitur sadar atau minimal dari Windows Server 2016, sedangkan yang berbasis GUI (Graphic User Interface) adalah server yang secara keseluruhan berbais grafis dan semua fitur bisa digunakan secara maksimal. Dalam buku ini bahasan batasi pada instalasi Windows Server 2016 berbasis GUI (Graphic User Interface). Kenapa hanya yang berbasis GUI saja yang dijelaskan dalam buku ini? Karena untuk saat ini pemanfatna grafis baik sebagai komputer desktop, komputer client ataupun server akan terasa nyaman apabila menggunakan tampilan berbasis grafis.

Jadi, jika Anda memanfaatkan instalasi berbasis GUI (Graphic User Interface), maka pada saat instalasi mendekati finish atau secara lengkap berbagai atribut dan ikon yang berhubungan dengan sistem operasi tersebut dan tampil di desktop komputer atau server Anda. Untuk jelasnya, proses instalasi Micrfosoft Windows Server 2016 ini akan dijelaskan secara bertahap atau Step bay Step berikut ini.

Proses Instalasi

untuk instalasi sistem operasi keluarga Microsoft Windows tidak sulit, bahkan relatif ham[ir sama. Dalam hal ini Anda cukup menekan OK, menekan tombol Next atau menjawab Yes atau No jika ada pernyataan. Banhkan di Windows Server 2016 ini jauh lebih mudah, karena selain semakin canggih juga hardware yang ada saat ini relatif jauh lebih modern dan canggih.
Sebagai g
ambaran berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menginstalasi Windows Server 2016. Namun sebelum mulai, pastikan terlebih dahulu komputer server yang akan digunakan sudah siap lengkap dengan CD/DVD Driver yang diperlukan. Selanjutnya yang juga harus dipersiapkan adalah memeriksa master sistem operasi yang akan di setup. Setelah itu baru Anda lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk instalasi Windows Server 2012 R2 adalah memerika hardware yang akan digunakan, apakah sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan baru Anda masukan master Microsoft Windows Server 2016 ke DVD Drive yang ada di komputer Anda, kemudian boot komputer dan biarkan komputer menjalankan tugasnya.

Dari tampilan seperti Gambar 1 di Anda bisa menentukan setting terutama yang berhubungan dengan language to install, date and time, keyboard or input method, dan lain-lain. Namun sebaiknya untuk sementara pekerjaan ini Anda lewati saja dan langsung tekan tombol Next untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

setup-01Klik tombol Instal Now. Dengan menekan tombol Install Now ini berarti Anda sudah siap untuk memulai proses instalasi. Tunggu proses instalasi sedang dipersiapkan dan Anda tinggal menunggu perintah selanjutnya untuk melanjutkan proses instalasi ini sampai dengan tampil halaman berikutnya.

setup-02

Pada tampilan seperti Anda terlihat di komputer Anda, memasukkan Serial Number atau Product key yang ada dibalik sampul yang ada master Windows Server 2016  sesuai dengan lisensi yang diberikan kepada Anda. Ini berbeda dengan versi sebelumnya, kalau di versi sebelumnya Anda bisa memasukkan serial number diakhir atau ketika Windows Server akan diaktivasi, sedangkan di Microsoft Windows Server 2016 Anda harus memasukkannya dibawal sebelum proses instalasi dilaksanakan.

setup-3a

Setelah selesai memasukkan Serial Number dan tidak terjadi kesalahan, Anda bisa saja langsung mengklik tombol Next untuk melanjutkan instalasi Windows Server 2016.

 

Bersambung-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s