Instalasi Windows Server 2016 (2)


win2016Di tulisan sebelumnya (Instalasi Windows Server 2016 1). Saya sudah menjelaskan pada tahapan memasukkan Product Key, kemudian dilanjutkan dengan menean tombl Next untuk proses tersebut. Sekarang, saya akan meneruskan proses instalasi tersebut. Supaya Anda bisa mengikuti dan mencatatnya.

Setelah mengisi Product Key dan menekan tombol Next, akan terlihat pilihan jenis produk yang akan diinstalasi. Kemudian Anda pilih salah satu jenis instalasi yang diinginkan. Dalam contoh ini ada dua jenis pilihan instalasi, yaitu Windows Servert 2016 Datacenter dan Windows Server 2016 Datacenter (Desktop Experience). Untuk pilihan ini Anda pilih Windows Server 2016 Datacenter (Desktop Experience) dengan mengklik pilihan tersebut. Pilihan Datacenter ini tergantung jenis Windows Server 2016 yang dimiliki. Mungkin akan berbeda ketika Anda menggunakan Windows Server 2016 jenis atau versi lain.

  • Selanjutnya Anda klik tombol Next untuk melanjutkan.

setup-04-a

Gambar 1. Menentukan pilihan edisi server yang akan diinstalasi

  • Bacalah semua ketentuan yang ada di kolom ini dengan menekan tombol scrollbar ke atas atau ke bawah untuk melihat seluruh perjanjian sebagai pengguna sistem operasi ini.  Aoabila Anda sudah membaca dan menyejui semua ketentuan yang ada, klik di depan I accept the license terms.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Next untuk proses selanjutnya. Pada tampilan berikutnya ada dua pilihan yang bisa Anda pilih, yaitu Custom (Install Windows Onli (Advanced) dan  Upgrade (Install Windows and keep file, settings, and applications). Pilihan Upgrade digunakan apabila Anda akan mengupgrade dari sistem operasi Windows Server versi sebelumnya. Namun untuk kali ini Anda pilih dan klik Custome (advanced).

setup-06

Gambar 2. Menentukan pilihan instalasi Upgrade atau Custome

  • Klik tombol Load driver jika Anda mempunyai driver dalam CD-ROM atau DVD-ROM. Pilihan ini hanya digunakan apabila driver Microsoft Windows Server 2016  tidak memiliki list driver yang berhubungan dengan driver pada komputer Anda. Namun secara umum hardware yang beredar saat ini sudah dikenali dengan baik dan sudah mendukung Plug and Play, jadi tidak ada masalah. Untuk itu kesampingkan saja pilihan ini.
  • Pilihan Drive Options juga bisa Anda kesampingkan apabila komputer sercer yang digunakan menggunakan harddisk kosong. Namun apabila Anda menggunakan komputer lama dengan hardisk tang sudah ada datanya, maka klik Drive Options jika diperlukan
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi

setup-07

Gambar 3. Menentukan drive untuk menyimpan Windows Server 2016

  • Pada tahap ini Anda bisa beristirahat sejenak dan biarkan komputer melakukan instalasi secara otomatis. Biarkan semua tahapan mencapai 100% dan Anda tinggal menunggu ke proses selanjutnya. Setelah semua tahapan proses ini dilaksanakan, komputer akan melakukan boot secara otomatis dan biarkan proses ini berjalan.

setup-10

Gambar 4. Anda diminta menuliskan password baru untuk user Administrator

  • Ketikkan Password Administrator baru Anda di kolom New Password, misalnya Infosaja001
  • Ketikkan sekali lagi Password Administrator baru Anda di kolom Confirm password, misalnya Infosaja001.
  • Setelah itu klik tombol panah ke kanan untuk melanjutkan dan klik OK untuk masuk ke desktop Microsoft Windows Server 2016.

deskto-20171

Gambar 5. Lakukan konfigurasi Windows Server 2016 dari sini

  • Klik tombol Close untuk menutup tampilan ini dan Anda masuk ke desktop Microsoft Windows Server 2016 berbasis GUI (Graphic User Interface).

Dengan mengikuti penjelasan singkat di atas Anda tiak akan mengalami kesulitan untuk proses instalasi Windows Server 2016  ini. Hanya tentu saja setelah proses instalasi tersebut selesai dilaksanakan, langkah atau pekerjaan Anda selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk jaringan komputer Anda.

Untuk setup jaringan Windows Server 2016, disarankan semua komponen jaringan sudah terpasang, mulai dari Server dengan NIC yang sudah terpasang, HUB atau Switch sudah terpasang dan dalam keadaan ON, kabel UTP sudah dipasang lengkap dengan konektornya, UPS sudah terpasang dengan baik, dan tentu saja Server Anda sudah disimpan dalam rak server.

deskto-2017

Gambar 6. Tampilan Desktop Windows Server 2016

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah koneksi internet harus sudah siap, karena untuk melakukan aktivasi harus dilakukan secara online melalui internet. Namun jika tidak ada koneksi internet, Anda juga bisa mendekatkan telepon untuk melakukan aktivasi ini. Karena tanpa aktivasi server Anda tidak akan bisa digunakan secara permanen. Oleh karena itu proses aktivasi ini sangat penting untuk dilakukan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s