Role dan Feature Windows Server 2016


win2016Ketika setup standar desktop (default) Roles dan Features tidak secara otomatis tersedia, tertuma role dan feature utama seperti ADDS (Active Directory Domain Service) atau Domain Controller. Oleh karena itu untuk meningkatkan dan menambah feature perlu pekerjaan tambahan. Penjelasan mengenai menambah role dan feature akan dijelaskan dibagian selanjutnya.

fitur-01Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan beberapa komponen saja, seperti WER (Windows Eror Reporting) telah dinyalakan, pesan “Windows Error Reporting on” akan ditampilkan disebelah item task yang bersangkutan. Sekali anda telah melakukan initial configuration pada server , maka Anda bisa mengklik link Print, E-mail atau Save This Information pada menu bawah.  Selain itu, ada beberapa catatan tambahan yang tidak kalah pentingnya mengenai server  manager tersebut, antara lain:

  • Melakukan beberapa task membutuhkan anda untuk log off dan mereboot mesin anda. Sebagai contoh, secara default ketika anda menginstall Windows Server 2016, account built-ini Administrator diaktifkan dan tidak mempunyai password. Jika anda menggunakan Server Manager untuk mengubah nama dari account ini atau menentukan sebuah password, anda harus melakukan log off dan kemudian log on lagi untuk melihat hasil dari perubahan tersebut.
  • Jika Windows Server 2016 mendeteksi bahwa instalasi atau setup berlangsung pada jaringan yang terbatas/dibatasi. Ketika anda pertamakali melakukan log on, bagian Update this Server dari Server Manager akan menampilkan link baru yang bernama Restore Network Access. Mengklik pada link ini membolehkan anda untuk meninjau batasan-batasan akses jaringan pada saat ini dan mengembalikan (restore) akses jaringan penuh untuk server Alasan bahwa kedua item lain pada bagian ini (Enable Windows Update and Feedback dan Download and Install Updates) tidak ditampilkan pada situasi seperti ini ialah kareana mesin yang dianggap berada pada keadaan karantina tidak bisa mengakses Windows Update secara langsung dan harus menerima update-an dari sebuah remediation server.
  • OEM bisa menkostumisasi layar Server Manager sehingga bisa menampilkan sebuah bagian tambahan pada bagian bawah yang bisa meliputi sebuah logo, deskripsi dan link-link task dari OEM tersebut yang bisa me-launch file-file EXE, DLL, dan script-script yang disediakan oleh OEM tersebut. Catatan, bahwa link-link task OEM tidak bisa menampilkan informasi status.
  • Server Manager tidak akan ditampilkan jika anda mengupgrade Windows Server 2016 dari versi sebelumnya dari Windows Server. Server Manager juga tidak ditampilkan jika setting Group Policy berikut ini dikonfigurasi: Computer Configuration\Administrative Templates\System\ServerManger\Do Not Open Initial Configuration Tasks Windows at Logon

-bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s