Mengganti nama, Seting Tanggal dan Waktu di Windows Server 2016


Di bagiawin2016n sebelumnya saya sudah menjelaskan secara lengkap Server Manager. Di sini saya akan menjelaskan langkah-langah teknis untuk mengganti nama komputer, setting tanggal, waktu dan sebagainya. Sebenarnya untuk mengubah atau mengkonfigurasi mengubah nama server, Time zone (waktu), dan sebagainya btidak sulit, karena secara umum sama saja seperti ketika Anda setting di Windows Server versi sebelumnya. Bahkan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan setting Windows 7, Windows 8, atau Windows 10.

Mengubah Nama Server

Untuk jelasnya berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk seeint atau mengubah dana komputer. Proses ini harus Anda lakukan melalui Server Manager. Caranya Anda cukup klik saja nama komputer pada pilihan Computer name. Kemudian setelah itu segera tampil kotak dialog System Properties, Anda ketikkan deskripsi untuk komputer server tersebut di kolom Computer description. Misalnya server untuk DATA SHARING. Selanjutnya klik tombol Change, kotak dialog Computer Name/Domain Changes. Ketikkan nama komputer server Anda, misalnya SERVER1, lalu klik OK, klik OK sekali lagi dan kemudian klik tombol OK di kotak dialog System Properties. Klik tombol Restart Now komputer Anda.lokal-01

Biarkan komputer melakukan restart. Setelah boot dan Anda diminta menuliskan user name dan password. Ketikkan user dan password Anda, kemudian setelah itu Anda tinggal menunggu sampai Windows menampilkan jendela Server Manager seperti biasa.

Mengganti tanggal dan waktu

Selanjutnya yang harus Anda konfigurasi adalah seting tanggal dan waktu. Ini penting Anda lakukan agar apabila server tersebut digunakan bisa sejalan dan sesuai datanya. Untuk setup tanggal dan waktu caranya Anda klik di sebelah pilihan Time Zone, setelah itu Anda atur mulai dari tanggal dan waktu (Date and Time), dan jangan lupa Anda pilih Change Time Zone untuk mengubahnya, seperti biasa Anda pilih Bangkok, Hanoi, Jakarta. Setelah selesai memilih Time Zone tersebut klik OK untuk menutup koak dialog tersebut kembali ke jendela sebelumnya.

Sampai disini penjelasan mengenai mengganti nama komputer server dan setting tanggal dan waktu. Di bagian selanjutnya akan dijelaskan bagaimana memasukkan IP Address,  DSN dan sebagainya.

  • bersambung
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s