Menambahkan IP Address


win2016Hal yang tidak kalah pentingnya dalam membangun sebuah server adalah mengkonfigurasi Network untuk Windows Server 2016. Pekerjaan ini sangat mudah dan biasa dilakukan untuk membuat IP Statis, DNS, maupun lainnya. Sebagai bahan latihan, berikut ini adalah langkah untuk membuat IP Statis, menambahkan DNS dan Gateway di Server Anda. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Dari tampilan Server manager (Local Server), klik disebelah Ethernet ada pilihan IPv4 Address assigned bay DHCP, IPv6 enable. Setelah itu kotak dialog Network Connection segera tampil
  2. Klik kanan di Ethernet lalu klik Properties, komputer segera menampilkan kotak dialog Properties
  3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  4. Klik Properties. Kemudian ketikkan IP Statis di kolom Use following IP address, ketikkan untuk IP Statis Anda di kolom tersebut, misalnya 192.168.1.1, untuk Subnet akan terisi secara otomatis, Anda lanjutkan untuk mengenai Gateway, isilah dikolom Gateway, misalnya 192.168.1.1, atau bisa juga untuk sementara dikosongkan saja dan untuk DNS Anda isi misalnya 192.168.1.1.

Sampai di sini Anda sudah bisa mengubah banyak hal berkaitan dengan nama komputer  Server Anda. Di bagian selanjutnya akan dibahas bagaimana menambah Roles dan Features di Windows Server 2016. Penambahan Roles dan Features ini sangat penting, karena roh dari Windows Server 2016 adalah pada Roles dan Feature ini.

  • bersambung
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s